Bobo.id - Iklan dibedakan menjadi dua jenis, yakni ada iklan di media cetak dan iklan di media elektronik.
Perbedaan utama dari kedua jenis iklan ini adalah media yang digunakan untuk menampilkan atau memuat iklan.
Iklan di media cetak menggunakan media seperti koran atau majalah untuk menampilkan iklan.
Sedangkan iklan elektronik ditampilkan melalui media elektronik seperti televisi, radio, maupun internet.
Karena ditampilkan di media yang berbeda, maka karakteristik atau ciri dari kedua jenis iklan ini juga berbeda.
Perbedaan kerakteristik yang juga terlihat dari kedua jenis iklan ini adalah dari ciri-ciri bahasa yang digunakan.
Pada buku tematik kelas 5 SD tema 3, kita akan diajak untuk menjawab pertanyaan ciri-ciri bahasa iklan elektronik.
Apakah teman-teman sudah menemukan jawbannya?
Kali ini Bobo akan memberikan penjelasan tentang ciri-ciri bahasa iklan elektronik. Simak, yuk!
Alasan Unsur Bahasa Penting dalam Iklan
Saat membuat sebuah iklan, bahasa menjadi unsur penting yang harus diperhatikan dan ditentukan dengan baik.
Sebab, bahasa dalam iklan dapat membuat orang yang melihatnya jadi tertarik untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa dalam iklan.
Pemilihan bahasa dan kata-kata dalam iklan juga akan memengaruhi informasi yang sampai ke calon konsumen.
Inilah sebabnya, ada beberapa ciri bahasa yang digunakan pada iklan, baik itu iklan media cetak maupun iklan elektronik.
Karena media yang digunakan dalam penyebaran iklan berbeda, maka ciri-ciri iklan pada kedua media ini pun berbeda.
Ciri-Ciri Bahasa Iklan Elektronik
Iklan elektronik memiliki bahasa yang juga bisa menarik calon konsumen yang menjadi sasaran dan pemilik usaha.
Berikut ini ciri-ciri bahasa pada iklan media elektronik:
1. Iklan menggunakan bahasa dan pemilihan kata yang tepat, logis, dan sopan.
Ini artinya, iklan elektronik harus menggunakan kata-kata yang tepat untuk menggambarkan produk yang diiklankan.
2. Bahasa yang digunakan harus dapat memberikan sugesti pada konsumen untuk menggunakan produk/jasa yang ditawarkan.
3. Kata yang dipilih harus mengandung informasi yang jelas mengenai produk agar konsumen dapat mengetahui barang/jasa yang ditawarkan.
Baca Juga: Membuat Kesimpulan Berdasarkan Iklan 'Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pangkal Rumah Tangga Sehat'
4. Pilihan kata yang digunakan dalam iklan harus menunjukkan sasaran yang dituju.
Misalnya iklan untuk anak-anak, maka iklan menggunakan kata-kata yang sering digunakan dan ramah untuk anak-anak.
5. Menggunakan bahasa yang singkat, padat, jelas, namun menarik.
Hal ini karena media elektronik sangat terbatas waktu sehingga perlu bahasa yang singkat dan jelas agar informasi tersampaikan.
Ciri-Ciri Ragam Bahasa Iklan
Ciri-ciri ragam bahasa iklan, yakni bergata bahasa hiperbola, persuasif, sugestif, propagandis, dan berkalimat menarik.
1. Hiperbola
Ucapan kiasan yang dibesar-besarkan, dikemukakan jauh lebih sedikit dari pada waktu yang sebenarnya digunakan.
2. Persuasif
Komunikasi yang digunakan untuk memengaruhi dan meyakinkan orang lain. Iklan persuasif bisa memengaruhi kepercayaan pembaca.
3. Sugestif
Baca Juga: Cara Menentukan Kata Kunci dalam Iklan Media Cetak dan Manfaatnya, Materi Kelas 5 SD Tema 3
Sugesti adalah pemberian pengaruh atau pandangan dari satu pihak kepada pihak yang lainnya.
Akibatnya, pihak yang dipengaruhi akan tergerak mengikuti pengaruh dan menerimanya secara sadar atau tidak sadar tanpa pikir panjang.
4. Propaganda
Propaganda merupakan serangkaian pesan dengan tujuan agar dapat memengaruhi pendapat seseorang dan tindakannya.
5. Informatif
Informatif dimaknai sebagai iklan yang bisa memeberikan informasi kepada pembaca mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.
Pemilihan kata biasanya singkat, padat, dan jelas sehingga langsung dipahami pembaca atau penggunanya.
Nah, itulah penjelasan terkait ciri-ciri bahasa iklan elektronik. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk teman-teman, ya.
Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 5 SD Tema 3, Menjawab Pertanyaan Berdasarkan Iklan 'Pentingnya Air untuk Kita'
----
Kuis! |
Apa perbedaan iklan media cetak dan iklan media elektronik? |
Petunjuk: cek di halaman 1! |
Tonton video ini, yuk!
----
Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
15 Dampak Positif Globalisasi bagi Kesenian Daerah, Materi Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka
Source | : | Materi Pelajar,Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 |
Penulis | : | Fransiska Viola Gina |
Editor | : | Iveta Rahmalia |
KOMENTAR