Bobo.id - Pada materi kelas 5 SD tema 9, kita akan belajar tentang ciri-ciri bahasa pada iklan di media elektronik.
Dulu, iklan hanya disebarkan melalui media cetak, seperti surat kabar, majalah, hingga pada selebaran.
Namun seiring perkembangan zaman, iklan mengikuti perkembangan media yang banyak digunakan saat ini.
Kini, banyak orang menggunakan media elektronik untuk berkomunikasi, mendapat informasi dan juga hiburan.
Oleh karena itu, sekarang, iklan juga disebarkan dengan media elektronik untuk menjangkau khalayak luas.
Iklan yang disampaikan di media elektronik, seperti televisi, radio, dan internet. Itulah iklan elektronik.
Karena ditampilkan di media yang berbeda, karakteristik iklan cetak dan iklan elektronik jelas berbeda.
Perbedaan karakteristik yang juga terlihat dari kedua jenis iklan ini adalah dari ciri bahasa yang digunakan.
Saat membuat iklan, bahasa menjadi unsur penting yang harus diperhatikan dan ditentukan dengan baik.
Sebab, bahasa memiliki peran yang besar dalam iklan agar khalayak luas tertarik dengan iklan tersebut.
Bahasa iklan yang menarik bisa membuat khalayak tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.
Baca Juga: Memberi Penilaian terhadap Gambar Iklan Elektronik, Materi Kelas 5 SD
Pemilihan bahasa dan kata-kata dalam iklan juga akan memengaruhi informasi kepada khalayak luas, lo.
Oleh karena itu, ada beberapa ciri bahasa yang digunakan pada iklan, termasuk pada iklan elektronik.
Di buku tematik halaman 81, ada sebuah iklan dengan kalimat, "Segar nyatanya memang menyegarkan."
Kalimat yang tertulis dalam iklan halaman 81 tersebut bersifat singkat, padat, dan jelas, teman-teman.
Bahasa iklan pada iklan minuman itu juga menarik bagi khalayak yang melihatnya untuk ikut menikmati kesegaran.
Orang yang melihat iklan minuman itu pun akan tersugesti dengan kesegarannya dan ingin segera menikmati.
Contoh iklan selanjutnya adalah iklan mi instan. Biasanya, iklan mi instan di televisi ada lagunya.
Bisa jadi yang melihat iklan tersebut jadi ikut menyanyi karena lagunya menarik dan mudah dihafalkan.
Selain itu, bahasa pada iklan produk makanan yang sangat menarik mampu menggugah selera makan.
Setelah tergugah, khalayak akan memuaskan rasa laparnya dengan menikmati mi instan yang telah diiklankan.
Pengulangan kata hingga berkali-kali pada lagu dalam iklan juga sering terjadi. Kira-kira, apa tujuannya?
Baca Juga: Unsur Iklan Elektronik: Radio, Televisi, dan Internet, Materi Kelas 5 SD
Pengulangan kata pada lagu menunjukkan pilihan kata yang digunakan untuk menunjukkan sasaran iklan.
Selain itu, pengulangan kata pada lagu dalam iklan juga menonjolkan informasi yang penting tentang produk itu.
Berdasarkan kedua contoh iklan elektronik itu, bisa dipahami adanya beberapa ciri bahasa iklan elektronik.
Ciri bahasa elektronik itu hendaknya digunakan agar mampu menarik perhatian khalayak atau masyarakat umum.
Beberapa ciri bahasa elektronik, yakni:
1. Pilihan kata yang digunakan menarik, tepat, logis, dan sopan.
2. Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak.
3. Pilihan kata yang digunakan menonjolkan informasi yang dipentingkan.
4. Pilihan kata yang digunakan menunjukkan sasaran.
5. Menggunakan bahasa singkat, padat, jelas, namun tetap menarik.
Nah, itulah penjelasan tentang ciri-ciri bahasa yang digunakan pada iklan elektronik. Semoga bisa bermanfaat, ya.
Baca Juga: Unsur Iklan Elektronik agar Menarik Perhatian Masyarakat, Materi Kelas 5 SD
----
Kuis! |
Apa yang dimaksud dengan iklan elektronik? |
Petunjuk: cek di halaman 1! |
Lihat juga video ini, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang pengetahuan seru lainnya, dongeng fantasi, cerita bergambar, cerita misteri, dan cerita lainnya? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.
Ikuti juga keseruan rangkaian acara ulang tahun Majalah Bobo yang ke-50 di majalah, website, dan media sosial Majalah Bobo, ya! #50TahunMajalahBobo2023
Source | : | Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 |
Penulis | : | Fransiska Viola Gina |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR