Apa Saja Fungsi Vitamin A, B, C, D, E, dan K? Ketahui Vitamin yang Larut dalam Lemak dan Vitamin yang Larut dalam Air, yuk!

By Avisena Ashari, Kamis, 5 November 2020 | 11:00 WIB
Apa fungsi vitamin A, B, C, D, E, K serta vitamin apa yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak? (Designed by Freepik)

Bobo.id - Apakah teman-teman tahu fungsi vitamin A, B, C, D, E, dan K?

Fungsi vitamin A, B, C, D, E, dan K berbeda-beda di tubuh kita.

Sebelum mengetahui fungsi vitamin A, B, C, D, E, dan K, kita perlu mengetahui cara kerja vitamin itu.

Cara kerja vitamin dibedakan ke dalam dua kelompok, yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak.

Yuk, kita cari tahu vitamin apa saja yang larut dalam air dan vitamin apa saja yang larut dalam lemak, serta berbagai macam vitamin dan fungsinya.

Vitamin Apa Saja yang Larut dalam Air?

Vitamin yang larut dalam air adalah vitamin C, dan vitamin B kompleks (B6, B12, dan yang lainnya).Karenanya, vitamin ini larut di dalam bagian buah, sayur, atau biji-bijian yang berair.Setelah kita mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin ini, tubuh akan mencerna makanan, dan vitaminnya dibawa oleh aliran darah.Karena plasma darah terbuat dari air, vitamin C dan B kompleks bisa dengan mudah bergerak di dalam tubuh kita melalui aliran darah.

Namun, vitamin C dan B kompleks harus dilarutkan dalam air sebelum bisa diserap tubuh dan tubuh kita tidak bisa menyimpan cadangan vitamin C dan B kompleks.Oleh sebab itu, kita membutuhkan asupan vitamin C dan B kompleks yang baru setiap hari, karena tubuh membuang sisa vitamin C dan B kompleks yang tidak terserap.

Baca Juga: Contoh Gangguan pada Sistem Peredaran Darah Manusia dan Penyebabnya