Bobo.id - Teman-teman pasti penasaran, kenapa ada banyak kerikil di sepanjang jalur kereta api, bukan?
Kira-kira fungsi kerikil di sepanjang perlintasan kereta api apa, ya?
Ternyata, kerikil tersebut digunakan sebagai pemberat dan mempunyai sejumlah fungsi penting, agar rel kereta api aman dilintasi.
Untuk mengetahui lebih lanjut, kita bisa menyimak penjelasan berikut, kok. Yuk, simak kenapa kerikil ada di sepanjang perlintasan kereta api.
Kenapa Ada Kerikil di Jalur Kereta Api?
Seperti yang teman-teman ketahui sebelumnya, kerikil tajam dan kasar ini ada di dalam perlintasan serta di sekitarnya.
Kerikil ini digunakan sebagai pemberat dan menambah ketinggian permukaan tanah.
Fungsi kerikil sebagai pemberat adalah untuk mencegah bergesernya bantalan kayu di ruas sel dan mencegah bergesernya rel ketika kereta melintas.
Bantalan kereta api sendiri, saat ini lebih banyak menggunakan plastik komposit, baja, dan beton yang tahan tekan daripada kayu.
Baca Juga: Aturan Baru Perjalanan Antarkota dengan Kereta Api, Berlaku Mulai 17 Juli 2022
Sedangkan fungsinya untuk meninggikan permukaan tanah, agar tidak mudah tergenang air jika hujan turun.
Tentu kerikil lebih baik mencegah air masuk ke perlintasan daripada tanah atau aspal.
Sehingga dengan adanya kerikil, kereta api bisa melintas lebih stabil dan tetap sejajar.
Kenapa Kerikil yang Digunakan Harus Tajam dan Kasar?
Hal ini karena, ketika kereta api melintas mereka bisa memindahkan posisi kerikil yang permukaannya rata serta halus.
Namun, jika menggunakan kerikil tajam dan kasar, kerikil tidak mudah berpindah tempat ketika kereta api melintas.
Sehingga, tepian kerikil yang tajam dan kasar akan saling terkunci pada tempatnya dan sulit berpindah tempat.
Manfaat Lain dari Kerikil yang Ada di Jalur Kereta
Selain bermanfaat sebagai pemberat dan penambah ketinggian permukaan tanah. Kerikil yang ada di jalur kereta juga mempunyai manfaat lain, lo.
Baca Juga: Stasiun Gambir Direncanakan Akan Layani KRL, Sudah Tahu Beda KRL, MRT, dan LRT?
Berikut, manfaat lain dari kerikil tajam dan kasar yang ada di jalur kereta, yaitu:
1. Membuat permukaan rata pada rel kereta api yang panjanganya bisa mencapai ratusan kilometer.
2. Meningkatkan keamanan jalur kereta agar tidak bergeser akibat pemuaian baja yang terkena cuaca panas atau dingin.
3. Mencegah pertumbuhan tanaman liar yang mengganggu perlintasan kereta api.
4. Mencegah jalur kereta kebanjiran air ketika hujan dan membuat jalur kereta lebih cepat kering jika terkena air, sehingga melancarkan sistem aliran air di rel kereta.
5. Mengurangi getaran dan suara bising pada rel kereta ketika kereta api melintas.
Nah, itulah fungsinya kerikil yang tajam dan kasar pada rel kereta api.
Jadi, teman-teman sebaiknya tidak mengambil kerikil di rel kereta api, agar tetap aman dan stabil.
Selain itu, kerikil yang dipilih haruslah tajam dan kasar agar tidak mudah berpindah tempat dan dapat menahan bantalan rel kereta api dengan baik.
Baca Juga: Peraturan Baru, Calon Penumpang Kereta Api Tidak Perlu Tunjukkan Hasil Tes PCR/Antigen
---
Kuis! |
Apa bahan yang digunakan sebagai bantalan rel saat ini? |
Petunjuk: Cek halaman 1! |
Tonton video ini, yuk!
----
Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Source | : | alpharail.co.nz |
Penulis | : | Thea Arnaiz |
Editor | : | Iveta Rahmalia |
KOMENTAR