Bobo.id - Pada materi kelas 5 SD tema 9 subtema 2, kita akan belajar bersama tentang unsur-unsur yang ada pada iklan elektronik.
Semakin berkembangnya zaman seperti sekarang, sudah banyak orang yang memiliki dan menggunakan media elektronik.
Hal ini pun memicu perkembangan iklan yang awalnya menggunakan media cetak, kini sudah mulai merambah ke media elektronik.
Secara sederhana, iklan elektronik adalah iklan yang muncul, tampil, atau terdengar di berbagai media elektronik.
Mulai dari radio, televisi, dan internet. Meski begitu, iklan di tiga media ini juga memiliki karakteristik masing-masing yang berbeda.
Promosi yang dilakukan dengan menerbitkan atau menampilkan iklan di media elektronik ini bisa berupa audio, video, maupun visual.
Nah, pada buku tematik halaman 71, kita diminta untuk menulis unsur-unsur iklan elektronik pada radio, televisi, dan internet.
Apakah teman-teman sudah menemukan jawabannya? Nah, kali ini Bobo akan mencoba untuk memberikan alternatif jawabannya. Simak, yuk!
Iklan radio merupakan salah satu jenis iklan elektronik yang disampaikan menggunakan media perangkat radio, teman-teman.
Radio adalah perangkat yang bisa menghasilkan suara. Oleh karena itu, unsur pada iklan elektronik radio ini juga hanya suara.
Karena hanya ada satu unsur saja pada iklan elektronik radio, maka iklan dengan menggunakan radio harus dibuat sejelas mungkin.
Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Iklan Elektronik? Cari Jawaban Kelas 5 SD
Pembuatan iklan radio bisa dilakukan dengan cara membuat dialog atau narasi yang jelas dan tidak bertele-tele pada iklan.
Selain itu, iklan radio juga bisa dibuat supaya bisa makin menarik perhatian dengan menambahkan komponen lainnya.
Yap, pembuat iklan bisa menambahkan musik yang sesuai sebagai latar belakang maupun efek suara lain yang berkaitan.
Berbagai efek suara ini digunakan untuk memberikan gambaran yang nyata kepada pendengar mengenai iklan produk itu.
Misalnya, ada iklan promosi lotion nyamuk. Di radio, iklan akan dilengkapi dengan efek suara nyamuk yang berdengung.
Sesua dengan namanya, iklan televisi adalah sebuah iklan atau promosi yang muncul dan disampaikan dengan media elektronik televisi.
Jika iklan elektronik yang ada di radio hanya punya satu unsur saja, yakni unsur radio, maka berbeda dengan iklan elektronik televisi.
Iklan elektronik yang disampaikan dengan televisi memiliki dua unsur penting yakni audio (suara) dan visual (gambar).
Selain itu, gambar yang ditampilkan pada iklan televisi tidak hanya gambar yang tidak bergerak, namun juga gambar bergerak berupa video.
Dengan begitu, iklan televisi bisa dilihat dengan jelas dan pesan yang disampaikan juga bisa diketahui dengan sangat jelas.
Namun, ada juga iklan yang unsur suaranya hanya sedikit, sehingga unsur visual atau gambar pada iklan lebih ditonjolkan.
Baca Juga: Mengenal 3 Jenis Iklan Elektronik dan Karakteristiknya, Materi Kelas 5 SD
Pesan yang disampaikan lewat iklan elektronik televisi tidak hanya dilihat dari dialog atau narasi, melainkan bisa dari tulisan dan suara.
Karena terdiri dari dua unsur, iklan televisi ini harus dibuat semenarik dan sekreatif mungkin agar bisa menarik perhatian penonton.
Segmentasi yang dihadirkan dalam iklan televisi sangat luas sehingga dapat menjangkau penonton dengan berbagai latar belakang.
Sayangnya, biaya untuk pemasangan iklan televisi ini cukup besar dibandingkan jenis iklan lainnya, seperti radio dan internet.
Iklan elektronik yang sering kita lihat saat sedang mengakses informasi lewat jaringan internet disebut juga dengan iklan internet.
Iklan elektronik yang ada di internet memiliki unsur-unsur yang hampir mirip dengan iklan elektronik di televisi, teman-teman.
Bedanya, di internet ada iklan yang hanya memiliki salah satu unsur saja, yaitu unsur audio saja atau unsur visual saja.
Ada berbagai macam iklan yang bisa ditampilkan di sini. Untuk itu, unsur dari setiap iklan internet juga bisa berbeda satu sama lain.
Ini aerinya, ada iklan tertentu yang hanya menampilkan suara, tanpa adanya gambar yang bisa menarik orang di interet.
Ada juga sebuah iklan yang hanya menampilkan gambar, video, atau tulisan, tanpa menggunakan unsur suara di dalamnya.
Meski ketiga iklan elektronik memiliki unsur yang berbeda, namun ketiganya memiliki beberapa unsur yang harus dipenuhi, yakni:
Nah, itulah penjelasan unsur iklan elektronik pada radio, televisi, dan internet. Semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman, ya.
Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 4 SD Pelajaran Bahasa Indonesia, Sebutkan Jenis-Jenis Iklan Elektronik!
----
Kuis! |
Apa yang dimaksud dengan iklan elektronik? |
Petunjuk: cek di halaman 1! |
Lihat juga video ini, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang pengetahuan seru lainnya, dongeng fantasi, cerita bergambar, cerita misteri, dan cerita lainnya? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.
Ikuti juga keseruan rangkaian acara ulang tahun Majalah Bobo yang ke-50 di majalah, website, dan media sosial Majalah Bobo, ya! #50TahunMajalahBobo2023
Source | : | Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 |
Penulis | : | Fransiska Viola Gina |
Editor | : | Iveta Rahmalia |
KOMENTAR