Bobo.id - Pada materi kelas 5 SD tema 3, kita akan belajar tentang iklan dan ciri-ciri yang dimiliki bahasa iklan.
Iklan sendiri merupakan suatu informasi yang ditujukan pada masyarakat mengenai barang atau jasa.
Biasanya iklan dibuat semenarik mungkin agar dapat mencuri perhatian pembaca dan calon konsumen.
Tujuan dari iklan adalah memperkenalkan suatu produk atau jasa agar konsumen terpengaruh untuk membeli.
Secara umum, iklan bisa dibedakan menjadi dua jenis, yakni iklan media cetak dan iklan media elektronik.
Sekarang ini, kita sering melihat iklan media elektronik. Misalnya di internet, televisi, hingga radio.
Sekalipun iklan yang umumnya di media elektronik berbeda, ada satu persamaan dalam bahasa iklannya, lo.
Setiap bahasa iklan ternyata memiliki ciri-ciri yang sama. Apakah ciri-ciri yang dimiliki oleh bahasa iklan?
Apakah teman-teman sudah mengetahui jawabannya? Berikut ini Bobo akan berikan alternatifnya. Simak, yuk!
Kalimat persuasif adalah kalimat yang bertujuan meyakinkan dan membujuk pembaca, pendengar, atau penonton.
Yap, calon konsumen dibujuk agar melaksanakan atau menerima gagasan yang dibuat oleh pembuat iklan.
Baca Juga: Mengenal Struktur dan Ciri-Ciri Teks Iklan, Materi Bahasa Indonesia
Kalimat jenis ini biasa digunakan dalam teks iklan agar pembaca tertarik pada produk yang diiklankan.
Dalam kalimat persuasif, penulis seringkali menggunakan kata ajakan, seperti ayo, mari, yuk, dan lainnya.
Iklan yang baik harus dapat menyajikan pesan yang singkat, berbobot, dan mengandung isi yang jelas.
Isi yang jelas ini bertujuan agar kalimatnya bisa diterima dengan baik oleh khalayak pembaca iklan.
Bahasa yang digunakan juga harus memikat dan memiliki daya sugesti, akan tetapi juga harus objektif.
Jangan lupa untuk menggunakan kata-kata berkonotasi positif agar lebih dipercaya oleh khalayak atau calon konsumen.
Slogan adalah perkataan atau kalimat yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menyampaikan sesuatu.
Slogan biasanya terdiri dari empat sampai lima kata yang mudah diingat dan memiliki daya tarik.
Dalam teks iklan, contoh slogan yang bisa digunakan adalah terdiri dari kata dengan huruf vokal mirip.
Tujuannya agar pesan yang dimaksud bisa diterima oleh orang yang membaca, melihat, atau mendengar iklan.
Iklan yang baik biasanya menggunakan subjek orang pertama tunggal atau jamak, seperti 'aku', 'saya', dan 'kami'.
Baca Juga: Perbedaan Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik, Materi Kelas 5 SD
Penggunaan subjek orang pertama itu untuk mengganti pihak brand atau instansi pemasang iklan, teman-teman.
Tujuannya adalah supaya calon konsumen dapat merasakan kedekatan dengan produk atau jasa dalam iklan.
Iklan harus memperhatikan sasaran atau target yang akan dituju sehingga kalimatnya bisa disesuaikan.
Misalnya iklan untuk anak-anak, maka iklan menggunakan kata yang mudah dan ramah untuk anak-anak.
Saat membuat iklan, bahasa menjadi unsur penting yang harus diperhatikan dan ditentukan dengan baik.
Sebab, bahasa dalam iklan bisa membuat orang yang melihatnya jadi tertarik pada produk atau jasa dalam iklan.
Pemilihan bahasa dan kata-kata dalam iklan juga akan memengaruhi informasi yang sampai ke calon konsumen.
Inilah yang membuat ada beberapa ciri bahasa yang digunakan pada iklan, terutama pada iklan elektronik.
Jika ciri bahasa iklan itu diterapkan dengan baik, maka tingkat ketertarikan orang pada iklan itu makin tinggi.
Semakin banyak orang yang melihat dan membaca iklan, maka semakin banyak pula calon konsumennya.
Nah, itulah penjelasan tentang ciri-ciri yang dimiliki oleh bahasa iklan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat, ya.
Baca Juga: Apa yang Seharusnya Ada dalam Sebuah Gambar Iklan? Materi Kelas 5 SD
----
Kuis! |
Apa yang dimaksud dengan iklan? |
Petunjuk: cek di halaman 1! |
Lihat juga video ini, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang pengetahuan seru lainnya, dongeng fantasi, cerita bergambar, cerita misteri, dan cerita lainnya? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.
Ikuti juga keseruan rangkaian acara ulang tahun Majalah Bobo yang ke-50 di majalah, website, dan media sosial Majalah Bobo, ya! #50TahunMajalahBobo2023
15 Dampak Positif Globalisasi bagi Kesenian Daerah, Materi Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka
Source | : | Kompas.com,Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 |
Penulis | : | Fransiska Viola Gina |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR