Bobo.id - Pada materi kelas 5 SD tema 9, kita akan belajar tentang unsur-unsur iklan elektronik agar menarik.
Semakin berkembangnya zaman, kita semakin akrab dengan media elektronik, seperti radio, televisi, dan internet.
Televisi, radio, dan internet bisa digunakan sebagai media promosi. Itulah yang disebut dengan iklan elektronik.
Iklan elektronik adalah pesan untuk mempromosikan barang/jasa yang dilakukan lewat media elektronik.
Promosi ini dilakukan dengan menerbitkan atau menampilkan iklan, baik berupa video, audio, maupun visual.
Meski begitu, iklan di televisi, radio, maupun internet ternyata memiliki karakteristik yang berbeda.
Misalnya, karakter radio yang hanya menghasilkan suara atau audio. Untuk itu, iklan yang dibuat harus jelas.
Pembuatan iklan bisa ditambah musik sebagai latar belakang maupun efek suara lain yang masih berkaitan.
Sementara itu, karakter iklan televisi dan internet lebih kompleks karena bisa menampilkan audio dan visual.
Dalam menyajikan iklan elektronik, harus memperhatikan beberapa unsur iklan agar menarik perhatian masyarakat.
Baca Juga: 3 Jenis Iklan Elektronik: Radio, Televisi, Internet, Materi Kelas 5 SD
Dari buku tematik kelas 5 SD, unsur iklan elektronik agar menarik perhatian masyarakat meliputi:
Berikut penjelasannya:
Unsur pertama dalam iklan elektronik adalah perhatian atau attention. Yap, tiap iklan elektronik harus memenuhi unsur ini.
Iklan elektronik yang baik harus dapat menarik perhatian masyarakat umum untuk setidaknya melihat iklannya.
Ketika tertarik dengan iklan, maka kemungkinan besar juga akan tertarik pada produk/jasa yang ditawarkan.
Untuk mendapatkan perhatian dari masyarakat, ada beberapa upaya yang bisa diterapkan dalam iklan elektronik.
Misalnya, untuk iklan internet. Latar yang digunakan untuk iklan bisa menggunakan warna cerah.
Setelah mendapat perhatian dari masyarakat umum, unsur iklan harus ditingkatkan menjadi minat atau interest.
Apabila minat sudah ada, maka akan timbul rasa ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen, teman-teman.
Unsur ini harus ada karena tanpa adanya minat dari para konsumen, maka suatu iklan akan berjalan sia-sia.
Baca Juga: Apakah Ciri-Ciri yang Dimiliki oleh Bahasa Iklan? Materi Kelas 5 SD
Unsur iklan elektronik secara umum agar bisa menarik khalayak luas adalah keinginan atau bahasa Inggrisnya desire.
Keinginan ini merupakan unsur iklan yang berfungsi untuk menggerakkan hati atau keinginan calon konsumen.
Unsur ini memiliki kaitan dengan segmen dan preferensi masyarakat yang dijadikan sebagai sasaran iklan.
Untuk mendapat rasa percaya dalam diri konsumen, sebuah iklan harus ditunjang berbagai kegiatan peragaan.
Kegiatan peragaan dalam iklan elektronik ini bisa dilakukan dengan pembuktian atau sebuah kata-kata.
Misalnya, iklan sabun cuci piring di televisi. Untuk membangkitkan rasa percaya, percobaan harus dilakukan.
Iklan harus menggambarkan orang mencuci piring dengan sabun itu dan memperlihatkan hasilnya.
Tindakan atau action merupakan tujuan akhir dari produsesn untuk menarik konsumen agar membeli produk.
Hal ini juga berlaku untuk jasa. Iklan bertujuan untuk menarik konsumen agar menggunakan jasa pada iklan.
Apabila iklan behasil menarik konsumen untuk mengonsumsi barang/jasa, artinya iklan itu sudah berhasil.
Nah, itulah unsur-unsur iklan elektronik agar menarik perhatian masyarakat. Semoga informasi ini bisa bermanfaat!
Baca Juga: Unsur Iklan Elektronik Radio, Televisi, dan Internet, Cari Jawaban Kelas 5 SD
----
Kuis! |
Apa yang dimaksud dengan iklan elektronik? |
Petunjuk: cek di halaman 1! |
Lihat juga video ini, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang pengetahuan seru lainnya, dongeng fantasi, cerita bergambar, cerita misteri, dan cerita lainnya? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.
Ikuti juga keseruan rangkaian acara ulang tahun Majalah Bobo yang ke-50 di majalah, website, dan media sosial Majalah Bobo, ya! #50TahunMajalahBobo2023
Source | : | Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 |
Penulis | : | Fransiska Viola Gina |
Editor | : | Bobo.id |
KOMENTAR