Bobo.id - Pada materi kelas 5 SD tema 9, kita akan belajar untuk mengidentifikasi iklan di media elektronik.
Menurut KBBI, iklan adalah pesan untuk mendorong khalayak agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.
Nah, iklan bisa disampaikan melalui berbagai media. Mulai dari media cetak hingga media elektronik, lo.
Iklan yang disampaikan di media elektronik, seperti televisi, radio, dan internet disebut iklan elektronik.
Sebelumnya, kita sudah belajar kalau ketiga jenis iklan elektronik memiliki karakteristik yang berbeda.
Misalnya, televisi memiliki unsur gambar, gerak, suara, dan tulisan. Namun, radio hanya punya unsur suara.
Untuk makin memahami iklan elektronik, kita diajak untuk mengamati gambar iklan internet di halaman 164.
Yap, di buku tematik halaman 164, ada iklan tentang karya batik jumputan sebagai hasil budaya bangsa.
Setelah mengamati iklan itu, kita diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang ada di bawahnya.
Apakah teman-teman sudah menemukan jawabannya? Berikut ini Bobo akan berikan alternatifnya. Simak, yuk!
Jawaban:
Baca Juga: Ciri-Ciri Bahasa yang Digunakan pada Iklan Elektronik, Materi Kelas 5 SD
Barang yang ditawarkan pada gambar iklan internet di halaman 164 adalah kain batik jumputan. Apa itu?
Batik jumputan adalah salah satu jenis batik yang menggunakan teknik jumputan untuk membuatnya.
Jumputan sendiri merupakan teknik pemberian motif dengan cara mengikat kain dengan tali atau karet.
Ikatan kain ini kemudian dicelupkan dan akan menimbulkan reaksi antara serat dan zat pewarna itu.
Jawaban:
Ada beberapa informasi yang bisa diperoleh setelah mengamati iklan batik jumputan di halaman 164, yakni:
- Kain batik jumputan memiliki banyak pilihan dan indah warnanya.
- Batik jumputan merupakan hasil budaya bangsa.
- Kita harus mencintai batik Indonesia, termasuk batik jumputan.
Jawaban:
Sebagai iklan internet, dalam iklan batik jumputan itu terdapat unsur gambar dan juga tulisan tentang produk.
Baca Juga: Kesimpulan Informasi Penting tentang Isi Iklan Elektronik, Materi Kelas 5 SD
Yap, tulisan yang ada pada iklan batik jumputan itu singkat dan mudah dimengerti untuk menjelaskan batiknya.
Sementara itu, unsur gambar yang ditampilkan berupa produk dan dua orang yang menggunakan batik.
Unsur gambar ini bisa menambah daya tarik iklan sehingga besar kemungkinan orang yang akan melihat iklan itu.
Selain itu, iklan itu juga mengandung unsur lain, seperti nama produk, kalimat persuasif, dan menarik perhatian.
Jawaban:
Ciri-ciri bahasa pada iklan jumputan itu adalah singkat, padat, menarik, informatif, dan juga mudah dipahami.
Singkat artinya bahasa atau kalimat yang digunakan dalam iklan batik jumputan tidak panjang dan bertele-tele.
Hanya ada dua kalimat iklan, "Ayo kita cintai batik Indonesia" dan "Indah warnanya, banyak pilihannya".
Meski singkat, bahasa yang digunakan juga padat. Artinya, kalimat yang tertulis mengandung arti pada iklan.
Kedua kalimat yang tertulis dalam iklan juga menarik dan mudah dipahami. Tak gunakan bahasa yang sulit.
Dengan melihat iklan, kita bisa dapat informasi jelas tentang batik jumputan. Ini berarti iklan itu informatif.
Nah, itulah alternatif untuk menjawab soal tentang iklan 'Batik Jumputan'. Semoga bisa bermanfaat, ya.
Baca Juga: Iklan Elektronik: Komersial, Perusahaan, Layanan Masyarakat, Materi Kelas 5 SD
----
Kuis! |
Apa yang dimaksud dengan iklan? |
Petunjuk: cek di halaman 1! |
Lihat juga video ini, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang pengetahuan seru lainnya, dongeng fantasi, cerita bergambar, cerita misteri, dan cerita lainnya? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.
Ikuti juga keseruan rangkaian acara ulang tahun Majalah Bobo yang ke-50 di majalah, website, dan media sosial Majalah Bobo, ya! #50TahunMajalahBobo2023
Source | : | Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 |
Penulis | : | Fransiska Viola Gina |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR