Robot Gurita Pengambil Barang

By Aisha Safira, Kamis, 27 April 2017 | 06:44 WIB
Robot ini dibuat mirip sepert tentakel gurita ya. Foto: festo.com (Aisha Safira)

Sebuah perusahaan robot di Jerman mendesai sebuah robot yang bisa membantu manusia. Robot ini bentuknya seperti tentakel gurita. Robot bernama OctopusGripper ini memang terinspirasi dari hewan laut berkaki delapan tersebut. Fungsinya adalah untuk membantu mengambil barang.

Cara kerja OctopusGripper

Robot OctopusGripper terbuat dari struktur silikon yang lembut. Mengapa silikon yang dipilih? Agar aman bagi manusia. Robot ini tidak akan membahayakan saat digunakan oleh manusia.OctopusGripper dapat menjangkau dan memegang benda dengan berbagai ukuran. Ia juga bisa meletakkan benda-benda kecil.

Bagaimana cara kerjanya? Saat diberi udara yang bertekanan, robot tentakel gurita ini akan membungkuk ke dalam. Ia akan membungkug dan mencengkram benda dengan lembut dan pas. Tentakel robot ini akan berfungsi sebagai alat hisap. Jadi, barang yang telah diambil tidak akan jatuh.

Mengapa seperti gurita?

Menurut Festo, gurita adalah hewan yang menarik. Gurita tidak mempunyai kerangka tulang. Hampir semua bagian tubuhnya terdiri dari otot yang lunak. Hewan ini juga mempunyai tubuh yang fleksibel sehingga memudahkannya dalam bergerak. Hal ini bukan saja membuat gurita bisa berenang ke segala arah. Hewan ini juga bisa menjangkau benda-benda yang jauh maupun dekat dengan baik.

Sangat aman untuk manusia

Jika digunakan di pabrik, para pekerja tidak perlu takut. OctopusGripper mempunya pegangan yang kuat dan tidak akan menjatuhkan barang. Hal ini akan memungkingan para pekerja dan robot untuk bekerja dalam satu lingkungan yang sama.

Robot memang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Saat ini, sudah ada banyak robot yang bisa melakukan hal tersebut. Enak sekali bukan kalau semua pekerjaan kita dibantu oleh robot? Tapi hal ini jangan membuat kamu menjadi malas ya!