Ayam Terkecil di Dunia. Hanya Sebesar Kepalan Tangan

By Petronela Putri, Sabtu, 15 April 2017 | 02:38 WIB
Ayam serama (Foto: seramapalembang.blogspot.com) (Petronela Putri)

Berapa ukuran normal seekor ayam menurut teman-teman? Ada satu jenis spesies ayam yang ukurannya hanya satu kepalan tangan orang dewasa, lo! Ayam itu berasal dari hasil persilangan, dan kini juga banyak dipelihara di Indonesia.

Ayam hasil persilangan

Yap! Ada ayam yang hanya berukuran satu kepalan tangan orang dewasa. Ayam ini adalah ayam serama, merupakan salah satu ayam hasil persilangan asal Malaysia. Ayam serama ada sejak tahun 1970-an dan sekarang sudah mulai banyak dipelihara di Indonesia.

Ciri-ciri unik ayam serama

Ayam serama hanya memiliki berat maksimal 500 gram. Bahkan rata-rata beratnya mulai 350 gram saja! Warna ayam serama biasanya hitam dan merah, dengan kaki yang kecil dan pendek. Ukurannya jauh berbeda dengan ayam ukuran normal.

Meski begitu, serama memiliki ekor yang cantik dan sayap yang bagus. Serama juga sangat jinak dan baik untuk dipeliara. Meski sedikit manja, ayam serama mampu mengenali pemiliknya dengan baik. Ayam serama juga sangat aktif dan lincah bergerak ke sana dan ke mari.

Ayam yang pemberani

Serama termasuk jenis ayam yang pemberani dan berjalan tegap. Ia tidak pernah malu-malu, lo, teman-teman. Seekor ayam serama senang membusungkan dada hingga kepalanya hampir menyentuh ekor. Maka, ayam ini kemudian sering diikutsertakan dalam kontes oleh para pemiliknya.

Harganya cukup mahal

Ayam unik yang lucu ini ternyata memiliki harga cukup mahal. Harga seekor ayam serama bisa mencapai puluhan juta. Bahkan konon di Indonesia sudah ada ayam serama yang dihargai hingga 100 juta Rupiah!

Wah, ternyata mahal juga ya, teman-teman. Hihi. Kamu tertarik memiliki seekor ayam serama ini?