5 Cara Menyikat Gigi yang Salah

By Aisha Safira, Rabu, 26 April 2017 | 10:40 WIB
Jangan lakukan lima hal ini ya saat menyikat gigi. Foto: youtube.com (Aisha Safira)

Walaupun kamu sudah menyikat gigi, belum tentu kamu melakukannya dengan benar. Kalau kamu menyikat gigi dengan cara yang salah, gigimu bisa saja belum bersih lo.

Dua kali sehari

Menyikat gigi harus dilakukan minimal dua kali sehari, yaitu di pagi dan malam hari. Menyikat gigi dapat membersihkan dan melindungi gigimu dari kuman. Tapi jika kamu menyikat gigi dengan cara yang salah, bisa saja kuman-kuman tersebut tertinggal di gigimu. Hal ini dapat menyebabkan gigi sakit, berlubang bahkan karies. Kamu tidak mau seperti itu kan? Oleh karena itu hindari lima cara menyikat gigi yang salah di bawah ini!

1. Menyikat gigi terlalu keras

Kita tidak boleh menyikat gigi terlalu keras. Mengapa? Jawabannya adalah karena hal itu dapat membuat pori-pori pada permukaan luar gigi melebar. Kalau sudah begitu dan dibiarkan saja, hal tersebut dapat menyebabkan karies. Karies gigi adalah penyakit yang merusak struktur gigi dan menyebabkannya berlubang. Jadi, menyikat gigi pelan-pelan saja ya.

2. Menyikat gigi secara horizontal

Menyikat gigi secara horizontal rupanya adalah cara yang salah. Cara ini tidak akan benar-benar membersihkan gigimu. Bisa saja masih ada kuman dan bakteri yang tertinggal. Kalau sudah begitu, gigimu akan berlubang. Oleh sebab itu, yang benar adalah menyikat gigi secara vertical. Jadi, kuman dan bakteri akan hilang dari gigimu.

3. Menggunakan air dingin

Ketika menyikat gigi, jangan gunakan air dingin ya. Air dingin dapat membuat gigimu terasa ngilu. Apalagi bagi yang mempunyai gigi sensitif. Saat menyikat gigi sebaiknya berkumurlah menggunakan air dengan suhu hangat atau sekitar 37 derajat Celcius.

4. Menyikat gigi setelah bangun tidur

Menyikat memang harus dilakukan di pagi hari. Tapi sebaiknya jangan menyikat gigimu segera setelah bangun tidur. Lebih baik kamu menyikat gigi setelah sarapan. Mengapa? Jika kamu menyikat gigi sebelum sarapan lalu kamu makan, zat dalam pasta gigi yang melindungi gigimu tidak akan bertahan lama. Setelah makan, zat tersebut akan hilang.

5. Menggunakan sikat gigi yang terlalu besar atau kecil

Gunakanlah sikat gigi yang sesuai dengan ukuran mulutmu. Jangan menggunakan sikat gigi yang terlalu besar atau kecil. Jika terlalu besar, sikat gigi tersebut tidak akan bisa menjangkau sampasi ke ujung. Tapi kalau terlalu kecil juga tidak membersihkan seluruh gigimu. Jadi, pilih ukuran yang pas ya.

Nah itu tadi lima cara menyikat gigi yang salah. Coba periksa lagi ya cara menyikat gigimu agar gigimu tidak rusak atau berlubang. Jangan lupa juga untuk memeriksakan gigimu ke dokter setiap enam bulan sekali ya. Dengan begitu gigimu akan tetap sehat.