6 Mantra Ajaib yang Berasal dari Bahasa Latin

By Aisha Safira, Rabu, 26 April 2017 | 10:15 WIB
Ini dia enam mantra sihir yang berasal dari bahasa latin. Foto: rachon.info (Aisha Safira)

Apakah kamu sudah menonton film Harry Potter. Di dalam film ini terdapat banyak mantra untuk menghasilkan sesuatu yang ajaib.  Mantra ini tentu tidak asal dibuat. Ada yang berasal dari bahasa Latin dan mempunyai arti yang sesuai dengan fungsinya. Apa saja sih artinya?

1. Wingardium Leviosa

Wingardium leviosa adalah salah satu mantra pertama yang akan kamu dengar kalau menonton filmnya. Fungsinya adalah untuk membuat suatu benda melayang. Mantra ini berasal dari wing, arduus, dan levi. Wing berarti benda yang bisa terbang. Kalau arduus artinya melayang. Sedangkan levi artinya naik.

2. Lumos

Mantra lumos bisa membuat cahaya muncul dari ujung tongkat sihir. Mungkin mantra inilah yang paling sering muncul dalam film maupun buku Harry Potter. Mantra ini berasal dari kata lumen yang berarti cahaya.

3. Nox

Kalau lumos bisa memunculkan cahaya, mantra nox bisa menghilangkan cahaya. Nox adalah kata yang berasal dari bahasa latin. Artinya adalah malam. Kalau tidak ada cahaya maka suasana akan menjadi gelap seperti malam.

4. Expelliarmus

Expelliarmus terdiri dari dua kata, yaitu expellere dan arma. Expellere dalam bahasa latin berarti dipaksa keluar. Sedangkan arma berarti senjata. Kalau kedua kata tersebut digabung, artinya menjadi memaksakan senjata keluar. Mantra ini fungsinya untuk melucuti tongkat sihir lawan.

5. Confundus

Mungkin dari namanya saja sudah tertebak ya. Confundus adalah mantra yang digunakan untuk membuat orang menjadi bingung. Mantra ini berasal dari kata confundere yang berarti campuran. Tapi kata ini juga bisa diartikan sebagai campur aduk atau bingung.

6. Imperio

Ini adalah salah satu kutukan terlarang dalam film Harry Potter. Imperio berasa dari kata imperium yang berarti kekuasaan dan impero yang berarti saya perintahkan. Ketika digabung, kedua kata ini menjadi mantra imperio yang digunakan untuk mengontrol orang lain.

Mantra ini memang berfungsi dalam film. Tapi ingat, mantra sihir tidak berfungsi di dunia nyata. Tapi manfaatnya, kamu bisa dengan mudah belajar kata-kata latin. Kata-kata latin apalagi yang kamu tahu?