Snake Temple di Malaysia, Kuil yang Dihuni Banyak Ular

By Marisa Febrilian, Rabu, 3 Mei 2017 | 03:47 WIB
Di dalam kuil itu terdapat bermacam-macam ular (Marisa Febrilian)

Snake Temple terletak di Penang, Malaysia. Konon, inilah kuil satu-satunya di dunia yang dihuni banyak ular.

Saling menolong

Kuil ini diperkirakan dibangun sekitar tahun 1850. Kuil ini adalah hadiah untuk seorang bhiksu Budha, bernama Chor Soo Khong. Pak Chor lahir di Cina pada masa Dinasti Song (960-1279). Semasa hidupnya, ia selalu berbuat baik, tak hanya kepada sesama, tetapi Pak Chor juga suka menolong hewan-hewan. Ketika itu, ia merawat ular yang terluka sampai ular tersebut sembuh. Sayangnya, saat usianya 65 tahun, Pak Chor meninggal dunia. Karena jasanya, ia diberik gelar kehormatan Chor Soo, gelar yang diberikan kepada tokoh bersejarah.

Rumah ular

Setelah bangunan kuil ini selesai dibangun, ular-ular itu langsung datang dengan sendirinya. Tidak ada yang tahu dari mana asalnya ular-ular itu. Di dalam kuil itu, ular-ular tidak ditaruh di suatu tempat, tetapi dibiarkan begitu saja. Wiii...Seraaam..! Eits, meskipun ular-ular itu bebas bergerak, tetapi ia tidak menyerang, lo. Biasanya mereka hanya bertengger di ranting-ranting buatan yang sudah tersedia. Kalau melihatnya sekilas, mirip seperti ular mainan, lo. Hi..hi..hi..

Tempat wisata

Kuil ular atau Snake Temple ini terletak di Penang, Malaysia. Tepatnya berada di Sungaikalang, Bayang Lepas. Tempat ini merupakan tujuan wisata bagi wisatawan dalam maupun luar negeri. Kuil ular merupakan satu-satunya kuil di dunia yang dihuni oleh ular-ular, lo. Bahkan di dalam kuil ini, kamu juga bisa menjumpai ular-ular yang memiliki bisa. Nah, demi keselamatan, pengunjung yang datang ke tempat ini, dilarang mengangkat ular-ular itu atau menaruh di tubuh mereka. 

Wah, ternyata pemandangan yang tak biasa di sini, membutuhkan keberanian tinggi, ya! Bagaimana denganmu?

Foto : creativecommons.org