Serigala, Hewan Pemburu dan Buas. Saat Lahir Semua Bayi Serigala Tuli

  • Minggu, 16 April 2017 19:57 WIB

Serigala (Foto: wolffvs.blogspot.com)

Serigala mungkin lebih banyak dikenal sebagai hewan pemburu dan buas. Tetapi hewan ini juga memiliki ciri khas lain, lo. Salah satunya adalah bahwa serigala umumnya merupakan hewan yang sangat setia.

Setia kepada pasangan dan kawanan

Serigala merupakan hewan karnivora atau pemakan daging. Hewan ini termasuk ke dalam keluarga anjing yang merupakan anggota keluarga terbesar. Bedanya, serigala tidak sejinak anjing-anjing jenis lain, serta tidak terbiasa menjadi peliharaan bagi manusia. Biasanya serigala hidup di belahan Utara bumi.

Yap! Serigala memiliki kawanan yang berjumlah maksimal 20 ekor serigala, dan biasa berburu bersama. Setiap serigala biasanya setia kepada kawanan mereka. Nah, jika ibu serigala sedang pergi berburu, maka serigala lainnya akan menjaga anak-anak serigala tersebut sampai sang ibu kembali dari perburuan. Hal ini juga dilakukan jika ibu serigala sedang berada dalam proses pemulihan usai melahirkan anak.

Ketika ada teman serigalanya terluka, maka serigala lain dalam kawanan akan merawat serta berburu agar serigala yang sakit tetap bisa makan. Kegiatan tersebut akan terus dilakukan hingga teman yang terluka sembuh dan bisa kembali berburu bersama-sama.

Selain itu, serigala juga setia kepada pasangannya masing-masing, sebab seumur hidupnya seekor serigala hanya akan memiliki satu pasangan saja. Wah, hebat sekali ya, teman-teman!

Ibu serigala dan anaknya (Foto: wolffvs.blogspot.com)
Ibu serigala dan anaknya. (Foto: wolffvs.blogspot.com)

Anak serigala yang tuli

Seekor anak serigala lahir dalam kondisi tuli dan butuh kurang lebih 8 bulan untuk membuatnya menjadi normal dan bisa ikut berburu bersama ayah, ibu, serta kawanannya. Berat seekor anak serigala ketika baru lahir hanya 0.5 kilogram.

Serigala memiliki ketua dalam tiap kawanan

Sepasang serigala jantan dan betina yang menjadi ketua bagi kawanannya biasa disebut ‘alpha’. Sepasang alpha biasanya dihormati dalam kawanan, dan memiliki hak untuk mencicipi hasil buruan terlebih dulu. Selain itu, serigala bisa hidup dalam cuaca dingin sebab memiliki lebih dari satu lapisan bulu pada tubuhnya. Ketika sedang mengejar mangsa, serigala bisa berlari cukup cepat, yaitu 65 kilometer/jam.

Reporter : Petronela Putri
Editor : Sigit Wahyu

KOMENTAR

MOST READ

Dongeng Putri Tikus

3 hari yang lalu

Obat Bosan dari Nenek

21 jam yang lalu

Cat Kuku

3 hari yang lalu

Korespondensi dengan Pencuri

2 hari yang lalu

Kuningan

3 hari yang lalu

Iko, Hihaa!!

3 hari yang lalu

Dibayar dengan Senyum

3 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×