Cerita Jembatan Siti Nurbaya di Atas Batang Arau

By Petronela Putri, Kamis, 20 April 2017 | 06:35 WIB
Jembatan Siti Nurbaya (Foto: spotlokal.com) (Petronela Putri)

Salah satu tempat wisata yang cukup terkenal di Padang, Sumatera Barat adalah kawasan Jembatan Siti Nurbaya. Di sini, wisatawan dapat melihat pemandangan kota tua Padang, matahari terbenam, hingga berburu kuliner!

Berdiri di atas Sungai Batang Arau

Tidak hanya Palembang dengan Jembatan Ampera, ternyata kota Padang juga memiliki ikon jembatan yang tak kalah menarik, teman-teman! Namanya Jembatan Siti Nurbaya.

Jembatan Siti Nurbaya mulai dibangun pada tahun 1995 dan selesai serta diresmikan pada tahun 2002. Jembatan yang berada di atas sebuah sungai bernama Batang Arau ini memiliki panjang 156 meter. Jembatan ini menghubungkan kota tua Padang dengan sebuah tempat bernama Taman Siti Nurbaya di Gunung Padang.

Berasal dari legenda Siti Nurbaya

Mungkin teman-teman penasaran mengapa jembatan dan taman yang ada di Padang diberi nama ‘Siti Nurbaya’. Siti Nurbaya merupakan salah satu cerita legenda yang berasal dari Sumatera Barat. Novel Siti Nurbaya merupakan salah satu karya Marah Rusli, sastrawan angkatan Balai Pustaka.

Di puncak Gunung Padang ada sebuah makam yang dipercaya sebagai makam Siti Nurbaya. Di sanalah wisatawan biasanya datang untuk berziarah. Oleh karena itu, tempat tersebut kemudian dinamakan Taman Siti Nurbaya.

Taman Siti Nurbaya

Dari Taman Siti Nurbaya, teman-teman bisa melihat pemandangan wilayah Barat kota Padang dari ketinggian. Di taman ini tumbuh pohon-pohon rindang. Taman Siti Nurbaya terletak 500 meter dari Jembatan Sitti Nurbaya serta berada di jalur yang sama dengan makam Siti Nurbaya.

Berkunjung ke Jembatan Siti Nurbaya menjelang malam hari

Hingga kini, Jembatan Siti Nurbaya termasuk salah satu ikon wisata kota Padang yang didatangi wisatawan. Dari atas jembatan, teman-teman bisa melihat matahari terbenam, pemandangan ke kota tua Padang, hingga menikmati kuliner di malam hari, lo! Biasanya akan ada pedagang yang menjajakan jagung bakar, pisang bakar, bahkan sate Padang, dan berbagai jenis minuman yang bisa teman-teman nikmati bersama sahabat dan keluarga.