Robot Khusus untuk Memeriksa Jembatan

By Aisha Safira, Selasa, 9 Mei 2017 | 07:26 WIB
Robot ini digunakan khusus untuk memeriksa jembatan. Foto: unr.edu (Aisha Safira)

Peneliti dari University of Nevada telah menciptakan robot yang khusus digunakan untuk memeriksa jembatan. Robot kecil ini diberi nama Seekur Jr.

Seekur Jr

Jembatan perlu dirawat agar tetap kuat untuk dilalui oleh berbagai kendaraan. Jika tidak maka jembatannya bisa runtuh. Oleh karena itu, jembatan perlu diperiksa secara berkala untuk melihat apakah ada kerusakan. Biaya pemeriksaan ini tidak murah lo. Untuk mengatasi hal ini, para peneliti dari University of Nevada di Amerika Serikat menciptakan sebuah robot khusus. Robot yang diberi nama Seekur Jr. ini bertugas khusus untuk memeriksa jembatan.

Tahan air dan antimacet

Seekur Jr. adalah robot beroda empat. Robot ini dilengkapi dengan kamera untuk mendeteksi keretakan. Ada juga radar yang dapat menembus tanah dan sensor yang dapat mendeteksi korosi pada bangunan. Ukurannya yang kecil membuat robot ini dapat bekerja tanpa menghambat lalu lintas dan membuat macet. Ia juga didesain untuk tahan air lo.

Cara Seekur Jr. memeriksa jembatan

Untuk mengumpulkan data, Seekur Jr. harus berjalan dari satu ujung jembatan ke yang lain. Lalu, robot ini harus berjalan lagi kembali ke ujung pertama. Sembari berjalan bolak-balik, Seekur Jr. akan menggunakan radarnya untuk memeriksa jembatan. Radar tersebut akan mengeluarkan sinyal yang akan dipantulkan oleh benda-benda dalam jembatan. Hasilnya, akan terbentuk data yang unik dari pantulan sinyal tersebut.

Data warna-warni

Selain itu, ada juga sensor khusus yang akan memindai jembatan. Sensor ini akan menunjukkan apakah ada beton yang sudah rusak atau lapuk. Seekur Jr. akan menghasilkan data dalam warna yang berbeda. Warna biru menunjukan tidak ada korosi atau pelapukan. Warna hijau menunjukan adanya sedikit pelapukan. Kalau pelapukannya sudah masuk tingakt sedang, Seekur Jr. akan menunjukan warna oranye. Nah, kalau pelapukannya sudah tinggi akan muncul warna merah.

Wah, Seekur Jr. ini akan sangat berguna ya di Indonesia. Apalagi di Indonesia juga banyak jembatan. Tak sedikit juga kasus jembatan yang lapuk dan bergeser bahkan runtuh. Kapan ya robot ini akan ada di Indonesia?