Bahasa Burung yang Bisa Dipahami Manusia?

By willa widiana, Jumat, 7 April 2017 | 09:17 WIB
Apa arti kicauan burung? (willa widiana)

Setiap pagi dan sore hari, kita pasti mendengar kicauan burung. Tahukah kamu, kalau kicauan burung itu ada artinya?

1. Burung berkicau tandanya pamer

Burung yang berkicau karena sedang pamer, entah itu pamer makanan atau pamer suara. Burung yang punya banyak makanan selalu menceritakan hal itu kepada temannya. Lalu, burung yang punya suara bagus selalu bersiul untuk menarik perhatian temannya.

Di telinga kita, cerita burung yang sedang pamer dan siulan burung yang sedang mencari perhatian itu terdengar sebagai sebuah kicauan.

2. Burung kejar-kejaran sambil berkicau artinya mengomel

Burung suka pamer makanan, tetapi mereka tidak suka kalau makanannya diambil. Mereka akan mengomel, jika ada burung lain yang berusaha mendekat/mengambil madu bunga, buah, biji-bijian, atau serangga yang hidup di pepohonan milik mereka.

Beberapa burung mengomeli burung lain sambil mengejarnya. Jadi, jika kamu melihat dua ekor burung saling kejar sambil berkicau berarti jadi burung itu sedang mengomel.

3. Burung mencari makan sambil berkicau tandanya peringatan

Saat bangun tidur di pagi hari, burung akan mencari makan. Saat sore, burung akan mengisi perutnya supaya tidak kelaparan saat malam. Lalu, setelah hujan, burung akan mencari makan karena udara dingin membuat burung menjadi lapar.

Saat mencari makan, burung selalu berkicau. Kicauan itu merupakan tanda bagi burung lain supaya tidak mengambil makanan milik mereka.

Kotak fakta:

Burung tidak mencari makan di malam hari karena mereka membutuhkan cahaya matahari untuk melihat.

Kebanyakan burung tinggal di pohon. Pohon yang banyak dihuni oleh burung adalah pohon bunga sepatu, pohon jambu, pohon beringin.

Sumber: J. Ernawati – Majalah Bobo, Ilustasi: Kayone – Majalah Bobo