Masker O2O2, Si Canggih yang Anti Polusi

By Aisha Safira, Minggu, 14 Mei 2017 | 10:08 WIB
Masker canggih ini bisa membersihkan udara dari polusi. Foto: engadget.com (Aisha Safira)

Semakin banyak kendaraan berarti polusi udara juga semakin meningkat. Untuk mengatasi masalah ini, sebuah perusahaan di New York menciptakan masker canggih anti polusi.

Anti polusi, ringan, dan canggih

Kalau di Indonesia, orang-orang biasanya menggunakan masker dari kertas sebagai penyaring udara. Tapi masker ini hanya bisa dipakai satu kali karena setelah itu sudah kotor. Urban-X menciptakan masker canggih anti polusi yang bisa digunakan setiap hari. Masker ini diberi nama O2O2 facewear.

Masker O2O2 terbuat dari bahan plastik yang transparan. Jadi saat dipakai, wajah penggunanya masih bisa terlihat. Masker ini ukurannya hampir sama dengan kamera dan tidak lebih berat dari headset. Canggihnya, O2O2 facewear mempunyai dua kipas di masing-masing sisinya. Kedua kipas ini berfungsi untuk mensirkulasi udara di dalam masker.

Bisa membersihkan udara kotor

Di dalam kedua kipas ini terdapat filter atau penyaring. Penyaring ini akan membersihkan udara yang akan masuk ke dalam masker. Penyaring ini harus diganti setiap 40 jam. Tapi hal ini juga tergantung dengan seberapa tinggi tingkat polusi di suatu daerah. Penyaring juga berfungsi untuk menghilangkan kabut yang ada pada permukaan dalam masker.

Uniknya lagi, masker ini dapat mengumpulkan data polusi udara di daerah tertentu. Data-data tersebut akan terkumpul menjadi satu dan membentuk peta polusi udara. Jadi penggunanya bisa mengetahui daerah mana yang polusinya tertinggi dan terendah. Canggih sekali kan?