Fakta Unik Warna-warni Pelangi

By Petronela Putri, Selasa, 25 April 2017 | 03:27 WIB
Foto: willyam29021996.blogspot.co.id (Petronela Putri)

Teman-teman, apakah kamu pernah melihat pelangi setelah hujan? Pelangi merupakan fenomena cahaya aneka warna yang terjadi akibat membiasnya cahaya matahari oleh titik-titik air. Warna-warni pelangi terlihat sangat indah. Namun, warna-warni pelangi juga menarik untuk dipelajari, seperi 4 fakta unik pelangi berikut ini.

1. Pelangi terdiri dari jutaan warna

Warna-warna indah pelangi ternyata mempunyai fakta-fakta unik. Salah satunya adalah bahwa mata manusia tidak dapat melihat seluruh komponen warna pelangi. Pelangi terdiri dari jutaan warna, namun rata-rata manusia hanya dapat melihat 7 warna saja, yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Ada warna-warna tertentu yang tidak dapat dilihat oleh mata manusia.

2. Pelangi bisa tampak berbeda di mata setiap orang

Sebuah cahaya yang memantul dalam rintik air hujan pada posisi tertentu, bisa membentuk pelangi yang berbeda jika dilihat dari posisi yang lainnya. Namun, hal ini tidak hanya berlaku untuk posisi yang sangat jauh, lo, teman-teman. Sebab berbeda posisi beberapa sentimeter saja dapat memberikan tampilan berbeda pada mata seseorang.

3. Sudut matahari berpengaruh terhadap pelangi

Sudut matahari berpengaruh pada susunan formasi matahari. Ini adalah alasan mengapa pelangi sering kali tampak lebih sempurna oleh mata ketika pagi atau sore,  tepatnya ketika matahari sedang terbit atau tenggelam. Biasanya, pelangi terlihat ketika matahari berada di sudut 42 derajat.

4. Pelangi di senja hari

Pelangi tidak hanya satu jenis saja, teman-teman. Ada berbagai jenis pelangi selain yang 7 warna. Misalnya Circular Rainbow yang terdiri hanya dari 4 warna, pelangi yang muncul di malam hari akibat adanya cahaya bulan, atau Red Rainbow yang merupakan pelangi senja. Pelangi di senja hari ini terjadi karena ketika senja, atmosfer menjadi biru, kemudian hasil pembiasan air menjadi cahaya merah atau oranye. Oleh sebab itulah, fenomena ini dinamakan Red Rainbow!