Jangan Lewatkan Hujan Meteor Eta Aquarid

By Aisha Safira, Jumat, 5 Mei 2017 | 07:37 WIB
Jangan lewatkan fenomena hujan meteor eta aquarid ya! Foto: space.com (Aisha Safira)

Pada 6 Mei 2017 akan ada hujan meteor Eta Aquarid lo. Kabarnya, hujan meteor ini bisa dilihat tanpa alat bantu. Jangan dilewatkan ya!

Bisa dilihat tanpa alat

Sebenarnya hujan meteor Eta Aquarid sudah berlangsung  sejak 19 April 2017. Fenomena ini akan selesai pada 28 Mei 2017. Tapi puncaknya akan terjadi pada 6 Mei 2017. Nah, pada saat itulah kita bisa menonton hujan meteor Eta Aquarid ini. Di malam puncak ini, kita bisa melihat 40 meter per jam yang kecepatannya mencapai 66,9 km/jam.

Hujan meteor ini akan datang dari rasi Aquarius. Pertunjukan ini bisa mulai dilihat setelah rasi Aquarius terbit pada 01.30 WIB. Puncaknya akan terjadi sekitar pukul 03.00 WIB. Walaupun begitu, hujan meteor ini masih bisa terlihat sampai sebelum matahari terbit. Di malam puncak, tidak akan ada cahaya Bulan sehingga fenomena ini dapat dilihat tanpa bantuan alat.

Sejarah hujan meteor Eta Aquarid

Hujan meteor Eta Aquarid ditemukan oleh Letnan Kolonel G. L. Tupman pada 1870. Pada saat itu Kolonel Tupman sedang berlayar di Laut Mediteranian. Ia mencatat ada 15 meteor yang terlihat pada 30 April. Lalu pada 2 dan 3 Mei ada 13 meteor lagi yang terlihat. Seseorang bernama W. F. Denning juga melihat ada 45 meteor yang tampak pada 29 April sampai 5 Mei 1870. Ia membacanya dalam catatan Italian Meteoric Association. Di tahun berikutnya, Kolonel Tupman kembali mencatat ada 8 meteor yang terlihat.

Sejak saat itu, hujan meteorid Eta Aquarid ditetapkan sebagai fenomena tahunan. Hujan meteor ini berasal dari debu komet 1P Halley. Debu komet ini juga memunculkan hujan meteor Orionid yang bisa dilihat setiap bulan Oktober. Komet Halley sendiri baru akan terlihat pada 2061 saat ia mendekati Matahari.

Jangan lewatkan hujan meteor Eta Aquarid ya. Hujan meteor ini sudah bisa dilihat mulai tanggal 4-7 Mei 2017. Mintalah orang tuamu untuk menemanimu saat menontonnya. Jangan keluar sendirian di malam hari ya!