Rahasia di Balik Segitiga Bermuda

By Aisha Safira, Selasa, 16 Mei 2017 | 03:28 WIB
Apa rahasia di balik kejadian aneh di Segitiga Bermuda? Foto: reference.com (Aisha Safira)

Sudahkah kamu mendengar cerita tentang Segitiga Bermuda? Konon, di sana sering terjadi peristiwa yang aneh. Salah satunya adalah pesawat yang hilang tiba-tiba. Apa rahasia di balik peristiwa ini?

Segitiga Bermuda

Segitiga Bermuda adalah sebuah kawasan yang berada di Samudra Atlantik. Luasnya adalah sekitar empat juta kilometer persegi. Kawasan ini berbentuk segitiga yang mencakup wilayah Britania Raya di utara, Puerto Riko di selatan, dan Florida di barat. Di kawasan ini sering terjadi peristiwa aneh. Contohnya adalah beberapa kali  hilangnya pesawat secara tiba-tiba. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Sejarah Segitiga Bermuda

Segitiga Bermuda pertama kali dikenal saat masa pelayaran Christopher Columbus. Menurut catatan, saat melayar melintasi kawasan ini semua alat nagivasi di kapal Columbus tidak ada yang bisa berfungsi. Lalu salah seorang awak kapalnya mengatakan kalau ia melihat cahaya terang di langit. Beberapa awak lainnya mengatakan kalau cahaya ini mirip meteor.

Pada 1951, terjadilah kasus pesawat terbang yang hilang saat melintasi Segitiga Bermuda. Ini adalah berita pertama tentang Segitiga Bermuda yang dimuat di majalah Associated Press. Berita ini ditulis oleh E. V. W. Jones. Sejak saat itu, banyak mitos dan legenda tentang cerita misterius di balik Segitiga Bermuda. Ada yang berpendapat kalau ada sarang monster laut, UFO, dan naga di dalamnya.

Teori tentang Segitiga Bermuda

Dari semuanya, ada satu teori yang paling mungkin, yaitu yang dibuat oleh US Geological Suvery pada 1981. Teori ini mengatakan bahwa di dasar laut Segitiga Bermuda ada tambang gas metana yang besar. Gas ini membuat air terkadang mengeluarkan cahaya putih.

Tambang ini suatu saat dapat meledak dari dasar laut. Benda-benda yang ada di atasnya pun dapat tersapu ledakan. Sisa-sisa ledakan tersebut lalu akan tersedot ke dalam pusaran air dan tenggelam ke dasar laut. Itulah yang membuat pesawat-pesawat yang melintas di Segitiga Bermuda hilang tanpa jejak.

Keindahan Segitiga Bermuda

Walaupun banyak peristiwa aneh dan seram, kawasan ini juga mempunyai keindahan lo. Segitiga Bermuda menjadi salah satu tempat penyelaman terbaik di dunia. Hal ini disebabkan karena banyaknya bangkai kapal yang berubah menjadi terumbu karang yang indah. Ada kurang lebih 300 bangkai kapal di kawasan ini. Banyak terumbu karang berarti banyak tempat tinggal untuk ikan. Selalu ada hal positif ya di balik sesuatu yang negatif.