Uniknya Kelapa Kembar dan Berbagai Kegunaannya

By Aisha Safira, Jumat, 5 Mei 2017 | 07:39 WIB
Seperti ini tampak kelapa kembar. Foto: cites.org (Aisha Safira)

Sudah pernah lihat buah kelapa kembar dempet? Ternyata ada lo kelapa kembar yang berasal dari Kepulauan Seychelles. Selain unik, buah ini banyak kegunaannya.

Buah langka

Lodoicea maldivica adalah buah langka yang berasal dari Pulau Praslin dan Curieuse. Keduanya berada di kawasan Kepulauan Seychelles, Samudra Hindia. Tinggi batang pohonnya sekitar 34 meter. Sedangkan daunnya berbentuk seperti kipas dengan panjang 7-10 meter dan lebar 4,5 meter. Rasa daging buah kelapa kembar ini mirip seperti kelapa muda. Di Kepulauan Seychelles, tumbuhan ini dilindungi oleh pemerintah karena termasuk langka.

Kisahnya di Indonesia

Buah ini juga tumbuh di Indonesia lo. Pada 28 Maret 1931, pohon ini pertama kalinya ditanam di Kebun Raya Bogor. Setelah 30 tahun, pohon ini menghasilkan bunga betina. Pada 2004, bunga ini disilangkan dengan individu jantan yang berasal dari Kebun Raya Singapura. Bunga ini diperkirakan akan masak sekitar tujuh tahun setelah disilangkan.

Digunakan di berbagai negara

Kelapa kembar ini tidak hanya unik tapi juga mempunyai banyak khasiat dan kegunaan. Endosperma kelapa ini bisa dijadikan sup untuk mengobati batuk, menawar racun, dan mengurangi pendarahan. Kalau batok kelapanya bisa dijadikan bahan untuk pembuatan kapal. Sedangkan serat daun mudanya bisa dijadikan cinderamata.

Tak hanya di Indonesia, kelapa ini juga digunakan di berbagai negara. Di Tiongkok, kelapa ini digunakan untuk pengobatan tradisional Ayurveda. Di Perancis pada abad keenam, batok kelapanya digunakan sebagai perhiasan. Kelapa jenggi ini juga digunakan sebagai penyedap rasa untuk masakan Canton. Sedangkan di Thailand, kelapa ini dianggap sebagai makanan yang mewah.

Legenda kelapa kembar

Kelapa kembar ini mempunyai banyak nama, yaitu double coconut, coco-de-mer, dan lady’s butt coconut. Kalau di Indonesia disebut juga dengan nama kelapa jenggi. Ada sebuah legenda tentang buah ini. Konon katanya pohon kelapa ini tumbuh dari dalam laut. Sebabnya, pohon buah ini tidak pernah ditemukan tapi buahnya selalu terbawa arus ke berbagai pulau. Siapa saja menemukannya akan bernasib baik.