Bahaya Membaca Sambil Tiduran, Salah Satunya Mata Cepat Lelah Lelah.

By Aisha Safira, Senin, 8 Mei 2017 | 07:51 WIB
Membaca sambil tiduran membuat mata lelah lo. Foto: indoindians.com (Aisha Safira)

Siapa yang suka membaca dalam posisi tidur? Jangan terbiasa melakukan ini ya. Kebiasaan ini bisa membawa dampak buruk bagi matamu lo.

Akibat membaca sambil tiduran

Ketika membaca, jarak ideal mata dan buku adalah 25-30 cm. Saat membaca sambil tiduran, sulit untuk mempertahankan jarak baca ideal tersebut. Biasanya, jarak mata dengan buku yang dibaca akan semakin dekat. Akibatnya, mata akan bekerja lebih keras karena saat membaca kita perlu konsentrasi. Lama kelamaan mata akan menjadi lelah.

Untuk membaca, mata juga memerlukan cahaya yang cukup terang. Cahaya berperan untuk mempermudah kita mengenali huruf atau kata yang kita baca. Kalau membaca sambil tiduran, cahayanya akan tertutup oleh buku. Dengan begitu, mata tidak akan mendapat cahaya yang cukup. Hal ini juga membuat mata harus bekerja keras.

Tidak membuat mata minus

Beruntungnya, kebiasaan ini tidak membuat mata menjadi minus. Mata hanya akan menjadi cepat lelah. Biasanya, mata akan menjadi berair dan terasa pedih. Walaupun begitu, posisi ini tetap tidak baik untuk membaca. Posisi yang paling baik ketika membaca adalah duduk.

Jadi jika kamu ingin membaca di tempat tidur, sebaiknya pilih posisi duduk dengan kepala tegak. Kamu bisa menaruh bantal di punggungmu agar terasa lebih nyaman. Dengan begitu, cahaya lampu tidak akan terhalang oleh buku. Matamu tidak bekerja terlalu keras dan menjadi cepat lelah.