6 Tanaman Ini Paling Beracun di Dunia

  • Senin, 8 Mei 2017 19:17 WIB

Hati-hati ya dengan tanaman-tanaman yang beracun seperti ini. Foto: wikimedia.org

Tanaman walaupun mempunyai bunga yang indah tetap saja bisa berbahaya. Berikut ini ada enam tanaman yang paling beracun di dunia. Racunnya sangat berbahaya bagi manusia lo.

1. Tanaman jarak

tanaman jarak
Sumber foto: koranyogya.com

Tanaman yang satu ini banyak tumbuh di Indonesia. Tanaman jarak atau Ricinus communis biasanya daun dan getahnya digunakan untuk pengobatan tradisional. Tapi bijinya ternyata mengandung racun bernama ricin. Racun ini dapat mengganggu sistem pernapasan dan peredaran darah. Sampai saat ini penawar ricin belum juga ditemukan.

2. Daun bahagia

 

daun bahagia
Sumber foto: caratanam.com

Dieffenbachia atau disebut juga daun bahagia adalah tanaman hias. Tanaman ini banyak ditemukan di pekarangan rumah. Walaupun disebut dengan nama daun bahagia, ternyata tanaman ini beracun. Getah pada batang dan daunnya mengandung kalsium oksalat. Zat ini dapat menyebabkan gatal-gatal dan kejang pada lidah juga bibir. Kalsium oksalat juga dapat mengganggu sistem pernapasan.

3. Oleander

 

oleander
Sumber foto: gardeningknowhow.com

Oleander adalah tanaman hias yang memiliki bunga cantik berwarna merah muda. Tapi hati-hati ya. Batang, daun,dan bunganya semua mengandung racun. Oleander mengandung racun neriine dan oleandrin. Keduanya dapat menyebabkan kegagalan jantung. Kulit batang pohonnya juga mengandung racun yang disebut rosagenin. Memakan salah satu bagian dari oleander dapat menyebabkan mual, muntah, sakit perut, diare, denyut jantung melambat bahkan kematian.

4. Deadly nightshade

Reporter : Aisha Safira
Editor : Sigit Wahyu

KOMENTAR

MOST READ

Dongeng Putri Tikus

3 hari yang lalu

Obat Bosan dari Nenek

21 jam yang lalu

Cat Kuku

3 hari yang lalu

Korespondensi dengan Pencuri

2 hari yang lalu

Kuningan

3 hari yang lalu

Iko, Hihaa!!

3 hari yang lalu

Dibayar dengan Senyum

3 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×