Robot Ini Bisa Menolong Orang yang Tersesat

By Aisha Safira, Rabu, 10 Mei 2017 | 07:15 WIB
Robot kecil ini bisa menunjukan jalan bagi orang yang tersesat. Foto: bmftv.com (Aisha Safira)

Apakah kamu pernah tersesat di pusat perbelanjaan atau bandara? Di Jepang, ada robot yang dibuat khusus untuk menolong orang yang tersesat lo. Robot ini telah diuji coba di Bandara Haneda di Tokyo dan juga pusat perbelanjaan.

EMIEW3 si penolong yang tersesat

Robot humanoid ini diberi nama EMIEW3. Tinggi robot ini hanya 90 cm dengan warna merah dan putih. EMIEW3 mempunyai otak yang dapat memproses gambar dan suara.

Robot ini juga terhubung satu sama lain. Robot ini akan ditugaskan di beberapa pusat informasi. Di sana EMIEW3 akan menampilkan berbagai informasi dalam bahasa Jepang dan Inggris.

Mengerti berbagai bahasa

EMIEW3 didesain khusus agar dapat mengerti dan berbicara dalam bahasa yang beragam. Ia dapat mengerti dan mendengar orang lain di tempat yang ramai sekali pun.

Pertama, robot ini akan mencari orang-orang yang membutuhkan bantuannya. Lalu, ia akan berusaha berinteraksi dengan orang tersebut. Setelah itu, robot ini bisa mengantarkan orang tersebut ke tempat yang dituju.

EMIEW3 dapat menunjukan jalan ke berbagai pintu bandara. Ia juga bisa menunjukan jalan ke loket valuta asing untuk turis yang ingin menukarkan uang.

Robot yang berada di pusat informasi dapat memanggil EMIEW3 lainnya untuk membantu menyelesaikan tugasnya. Sebelum menunjukan arah, si robot akan mengucapkan ‘please follow me’ yang berarti tolong ikuti saya.

Jepang memang terkenal canggih dengan berbagai robotnya ya. Selanjutnya robot apalagi ya yang akan diciptakan oleh negara sakura ini?