Hum Rider, Mobil Anti Macet dan Banjir

By Aisha Safira, Kamis, 30 November 2017 | 03:31 WIB
Wow, mobil ini bisa meninggikan diri lo. Foto: allautoexperts.com (Aisha Safira)

Terkena macet atau banjir membuat perjalanan menjadi tidak menyenangkan bukan? Tapi jangan khawatir karena sekarang ada Hum Rider, mobil anti macet dan banjir lo!

Seorang insinyur efek mekanik, Scott Beverly, menciptakan sebuah mobil yang anti macet dan banjir. Bagaimana caranya sebuah mobil bisa anti macet dan banjir kecuali bisa terbang? Ternyata mobil Jeep yang sudah dimodifikasi ini bisa meninggikan dirinya. Jadi, mobil yang diberi nama Hum Rider ini bisa melewati mobil lain. Bagaimana cara kerja Hum Rider?

Punya Pompa Hidrolik sebagai Kaki

Hum Rider mempunyai pompa hidrolik seberat 900 pon atau sekitar 408 kg yang bisa mengangkat mobil ini ke udara. Pompa ini mendapatkan tenaganya dari generator bensin yang tersembunyi di bawah kap mesinnya. Pompa hidrolik ini diaktifkan menggunakan sakelar yang ada di dasbor mobil. Saat diaktifkan, dari roda akan keluar tungkai teleskopik yang bisa mengangkat mobil ke atas. Hum Rider pun bisa melewati mobil-mobil lain saat macet dengan mudah juga menghindari banjir.

Hum Rider bisa naik sampai ketinggi sembilan kaki atau sekitar 274 meter. Tapi ketinggian ini diukur dari atas atap mobil. Kaki-kaki mobil ini dapat memberi cukup tempat untuk berbagai kendaraan roda empat. Tapi untuk bus, truk, dan van mungkin akan menjadi masalah. Sebabnya, ruang di bawah Hum Rider tidak cukup untuk melewati kendaraan yang sangat tinggi.

Punya Kamera Pemantau

Di bawah Hum Rider juga terdapat sebuah kamera yang dipasang di bawah dasbor. Kamera ini digunakan untuk melihat apa yang ada di bawah mobil. Jadi pengemudi bisa melihat apakah tingginya sudah pas dengan mobil yang ada dibawahnya. Jangan sampai ada mobil yang tergores atapnya atau terlepas kaca spionnya.

Sayangnya, mobil ini belum dapat dioperasikan. Hum Rider yang dibuat ini hanya purwa rupa atau contoh saja. Jadi kapan ya mobil ini dapat beroperasi? Pasti cocok untuk digunakan di daerah yang rentan macet.