Awas! Ada 400 Ribu Bakteri Dalam Sepatu Kita

By Petronela Putri, Kamis, 27 April 2017 | 06:49 WIB
Jangan malas melepas sepatu (Foto: sheknows.com) (Petronela Putri)

Teman-teman sering merasa malas melepas sepatu setelah pulang sekolah? Ternyata di dalam sepatu ada banyak bakteri yang bisa bersarang, bahkan berpindah ke bagian-bagian rumah, lo! Bahkan bakteri-bakteri tersebut ada yang bisa hidup 2 minggu hingga 5 bulan.

Jangan malas melepas sepatu

Mungkin teman-teman mengira bahwa melepaskan sepatu atau tidak adalah hal yang sederhana, tetapi sebenarnya ada banyak bakteri atau serangga yang bisa terbawa ke dalam rumah melalui sepatu. Sebuah penelitian membuktikan bahwa ratusan dari 2.500 sepatu yang diteliti mengandung bakteri yang berbahaya bagi kesehatan.

Dan bakteri-bakteri yang menempel tersebut juga bisa berkembang biak menjadi lebih banyak lagi. Dalam satu sepatu, ada kurang lebih 400.000 unit bakteri yang bisa menempel kemudian bertahan hidup.

Menempel di lantai dan pintu rumah

Selain menempel di sepatu, bakteri-bakteri yang terbawa dari luar melalui alas kaki ini juga bisa berpindah dan menempel di lantai rumah. Salah satu bakteri yang berbahaya adalah C difficile, sebab agak sulit dibasmi, serta dapat menyebabkan diare atau masalah pencernaan.

Ketika teman-teman masuk ke dalam rumah tanpa melepas sepatu, saat itulah beberapa bagian rumah berisiko terkena paparan bakteri jahat. Sebuah penelitian lain menyebutkan bahwa ada 500.000 orang terkena virus C difficile tiap tahunnya.

Terbawa melalui kotoran-kotoran yang ada di jalan

Kotoran burung atau jenis kotoran hewan lainnya juga bisa menjadi tempat ditemukannya bakteri C difficile. Diduga, bakteri ini bisa bertahan hidup selama berbulan-bulan, bahkan mencapai 5 bulan dan membawa berbagai macam penyakit bagi manusia.

Satu-satunya cara untuk menghindari bakteri atau virus yang bisa terbawa dari luar rumah adalah dengan melepas sepatu ketika masuk ke dalam rumah, kemudian mencuci kaki hingga bersih.