Cerita Sally, Warga Australia yang Menciptakan Lagu Tentang Kartini

By Aisha Safira, Kamis, 4 Mei 2017 | 03:08 WIB
Sally Andrews menciptakan lagu tentang Kartini dalam bahasa Indonesia. Foto: thejakartapost.com (Aisha Safira)

Pahlawan Indonesia ternyata dikenal hingga ke luar negeri. Pahlawan Indonesia menginspirasi nama jalan di beberapa negara. Tak hanya nama jalan, pahlawan Indonesia juga menginspirasi seorang warga negara Australia menulis lagu. Ia adalah Sally Andrews. Sally pernah menulis lagu tentang Presiden Soekarno. Nah, kali ini ia menulis lagu tentang Ibu Kartini.

Teladan Kartini

Lagu yang dibuat Sally Andrews diberi judul Teladan Kartini. Lagu ini ia buat karena terinspirasi oleh keteladanan Ibu Kartini semasa hidupnya. Ia menulis liriknya dalam bahasa Indonesia atas saran dari teman-temannya. Untuk tahu lebih banyak tentang Ibu Kartini, ia membaca beberapa buku. Ia juga membaca surat-surat yang ditulis Ibu Kartini untuk teman-temannya.

Untuk iramanya, Sally memilih lagu berjudul Trouble yang dinyanyikan oleh Jennifer Hudson dan Iggy Azalea. Ia memilih lagu ini karena menurutnya Trouble menonjolkan kaum perempuan. Iggy Azalea adalah seorang rapper perempuan. Biasanya, dalam dunia rapper lebih banyak laki-laki. Hanya sedikit rapper perempuan yang mampu bersinar.

Pendidikan itu penting

Dari lagu ini ada pesan yang ingin Sally sampaikan. Ia ingin orang-orang bisa mengikuti keteladanan Ibu Kartini. Sally ingin memberitahu bahwa pendidikan bagi perempuan juga penting. Jangan lupakan apa yang sudah diperjuangkan oleh Ibu Kartini. Sally ingin para orang tua untuk memberi dukungan pada anak perempuannya untuk mencari ilmu setinggi mungkin.

Pernah belajar di Indonesia

Sally Andrews memang fasih berbahasa Indonesia. Sebabnya, ternyata ia pernah belajar di Universitas Islam Indonesia. Pada waktu itu ia mengikuti program bernama ACICIS. Jika kamu ingin mendengar lagu ciptaan Sally, kamu bisa mencarinya di YouTube. Kamu juga bisa mendengarkan lagu tetang Presiden Soekarno ciptaan Sally lo!