Penjara Bewarna Pink Ini untuk Narapidana yang Suka Marah

By Aisha Safira, Kamis, 4 Mei 2017 | 03:19 WIB
Di Swiss ada penjara yang berwarna pink lo! Foto: librarything.com (Aisha Safira)

Penjara adalah tempat untuk orang-orang yang harus menjalani masa tahanan karena telah melanggar hukum. Pasti tempatnya menyeramkan. Tetapi di Swiss ada penjara yang tidak menyeramkan, lo. Pasti kamu suka melihatnya, khususnya bagi yang perempuan. Mengapa? Karena penjaranya berwarna pink!

Cool down pink

Di Swiss, jika ada narapidana yang berkelakuan tidak baik, maka ia akan dipindahkan ke dalam sel khusus berwarna pink. Ada 30 sel yang dicat warna pink. Bukan hanya dindingnya saja, tapi juga tempat tidur dan pintu selnya. Proyek ini dinamakan ‘Cool Down Pink’. Proyek ini memberikan dampak positif bagi narapidana.

Narapidana yang bermasalah akan dimasukan ke dalam sel ini selama kurang lebih dua jam. Sel khusus ini diharapkan dapat menghilangkan rasa marah yang dirasakan para narapidana. Mereka diharapkan dapat menjadi lebih tenang.

Mengapa warna pink?

Warna pink atau merah muda melambangkan karakter yang feminin dan menyenangkan. Warna ini dapat digunakan jika ingin beristirahat dan bersantai. Menurut Psikolog Daniela Spath, warna ini memiliki efek yang meneduhkan dan menenangkan sehingga bisa digunakan untuk terapi warna. Dengan menggunakan warna pink, emosi dapat diredam dalam waktu secepat-cepatnya 15 menit.

Membuat lebih cepat tidur

Penjara berwarna ini juga digunakan di kantor polisi lo. Kalau di kantor polisi sel ini digunakan untuk para pecandu alkohol yang mabuk. Menurut para polisi, sel ini dapat membantu menenangkan orang yang mabuk dan membuat lebih cepat tidur. Mereka juga akan bisa tidur dengan tenang. Sel penjara yang unik bukan?

Nah, sudah tahu kan kalau warna pink bisa meredam emosi dan membuat perasaan lebih tenang? Jadi kalau kamu sedang merasa marah atau kesal mungkin kamu bisa melihat benda-benda berwarna pink agar lebih tenang.