Mengapa Kita Mengigau Saat Tidur?

By Aisha Safira, Selasa, 16 Mei 2017 | 03:20 WIB
Apakah kamu mengigau saat tidur? Foto: babycenter.com (Aisha Safira)

Mengigau berarti berbicara saat sedang tidur. Hal ini termasuk gangguan saat tidur. Uniknya, mengigau lebih banyak dialami oleh anak-anak.

Kalau dibangunkan bisa berhenti

Untuk orang dewasa hanya 5 persen saja yang mengalami gangguan ini saat tidur. Isi igaun bisa berupa dialog, monolog atau hanya gumaman saja. Hal ini bisa dihentikan dengan cara membangunkan orang yang mengigau. Ia akan berhenti tapi saat ia kembali tidur mungkin ia akan kembali mengigau.

Apa penyebab mengigau?

Mengigau bisa disebabkan karena beberapa hal. Salah satunya adalah kurang tidur. Kurang tidur adalah penyebab paling ringan. Hal ini akan menyebabkan pola tidur seseorang terganggu dan mengakibatkan ia mengigau ketika tidur.

Selain itu, seseorang dapat mengigau ketika sedang sakit atau demam tinggi. Hal ini disebabkan karena gangguan dalam kerja tubuh yang menganggu kualitas tidur.

Stres juga dapat menyebabkan seseorang mengigau. Ketika stres pikiran  menjadi tidak tenang bahkan saat tidur. Tidur pun akan menjadi terganggu dan tidak nyenyak sehingga orang yang sedang stres dapat mengigau. Penyebab lainnya adalah karena keturunan dan kebiasaan mengkonsumsi alkohol juga kafein.

Bagaimana cara menghilangkannya?

Agar tidak mengigau, tidur harus cukup. Tidurlah selama 7-9 jam per hari. Hal ini dilakukan untuk memulihkan kondisi tubuh. Hindari juga stres. Caranya, kamu bisa menenangkan pikiranmu sebelum tidur dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai. Kamu juga bisa memeriksakan dirimu ke dokter untuk mengetahui mengapa kamu mengigau dan apakah ada masalah serius di baliknya.

Jadi, mengigau bukan hal yang berbahaya. Tapi hal ini mungkin saja terjadi karena masalah tidur yang lebih serius. Contohnya seperti sleep apnea atau gangguan Rapid Eye Movement (REM). Tanyalah pada orang tuamu, apakah kamu mengigau?