Tanaman Juga Bisa Mendengar

By Aisha Safira, Selasa, 23 Mei 2017 | 06:34 WIB
Tahukah kamu kalau ternyata tanaman juga bisa mendengar? Foto: nationalgeographic.com (Aisha Safira)

Dalam penelitian terbaru, dikatakan bahwa tanaman bisa mendengar lo. Hal ini ditemukan oleh sekelompok  peneliti dari University of Western Australia. Apa sih yang didengarkan oleh tanaman?

Tanaman memang tidak mempunyai telinga seperti manusia. Tapi ternyata tanaman bisa mendengar lo. Hal yang didengarkan oleh tanaman adalah air. Tanaman yang haus atau butuh air dapat mendengarkan getarannya yang merambat melalui tanah. Hal ini ditemukan oleh sekelompok peneliti dari University of Western Australia yang dipimpin oleh ahli biologi, Dr. Monica Gagliano.

Percobaan Dr. Gagliano

Dr. Gagliano melakukan percobaan bersama timnya. Mereka menanam bibit kacang di sebuah pot berbentuk Y terbalik. Cabang yang satu diletakan di dalamair. Sedangkan cabang lainnya diletakan dalam tanah yang kering. Hasilnya, akar tanaman selalu tumbuh ke arah sisi yang mempunyai air. Hal ini bahkan terjadi saat sisi tersebut disembunyikan di balik sebuah plastik.

Akar bisa mendengar air

Air adalah hal yang penting untuk kelangsungan hidup. Menurut Dr. Gagliano, mahkluk hidup telah mengembangkan strategi untuk menghadapi kelangkaan air. Strategi tanaman adalah dengan aktif mencari tanah yang memiliki kelembaban yang sesuai agar tidak kekurangan air atau dehidrasi. Akar tanaman dapat mengetahui di mana sumber air melalui getaran. Tanaman dapat merasakan getaran yang dihasilkan air dari gerakannya dalam pipa.

Bisa mendeteksi ulat bulu

Tak hanya air, tanaman juga bisa mendeteksi ulat bulu. Hal ini diteliti pada 2014 oleh sekelompok illmuwan dari University of Missouri. Mereka merekam suara ulat bulu yang sedang makan. Rekaman tersebut diputar kepada satu tanaman. Sementara tanaman yang lain mendengarkan rekaman kosong. Suara ulat bulu yang sedang makan dapat membuat daun tanaman bereaksi dengan gerakan. Suara tersebut memicu bahan kimia pada tanaman yang dapat bertahan dari serangan ulat bulu dan mengusirnya.