Dengan MetaLimbs, Manusia Bisa Punya Empat Tangan

By Aisha Safira, Jumat, 2 Juni 2017 | 02:37 WIB
Bagaimana kalau manusia bisa punya empat tangan? Foto: newatlas.com (Aisha Safira)

Tangan manusia memang hanya ada dua. Tetapi dengan MetaLimbs, manusia bisa mempunyai dua tangan ekstra. Wah, tangannya jadi ada empat dong!

Tangan robotik

Manusia bisa lo mempunyai empat tangan. Bagaimana caranya? Sekelompok peneliti dari Jepang menciptakan sepasang tangan robotik yang dapat digunakan oleh manusia. Tangan ini juga bisa membantu orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik. Tangan robotik ini diberi nama MetaLimbs. MetaLimbs adalah kepanjangan dari Multiple Arms Interaction Metamophism.

Bagaimana cara kerja MetaLimbs?

MetaLimbs bisa dipasang dengan cara dipakai di punggung seperti tas ransel. Tangan robotik ini mempunyai sensor yang dapat membaca gerakan kaki dan lutut penggunanya. Sensor-sensor ini mengumpulkan informasi ayng berkaitan dengan posisi dan rotasi MetaLimbs. Data ini lalu dipetakan ke gerakan lengan dan tangan juga jari-jari. Melalui sensor inilah pengguna dapat menggerakan MetaLimbs.

Ketika pengguna MetaLimbs menekuk jari kaki mereka, tangan robotik ini juga akan melakukan hal yang sama. Hal ini memudahkan pengguna untuk mengambil suatu benda atau memindahkannya dari satu titik ke yang lain. Jika benda yang akan diambil sudah dekat, pengguna MetaLimbs akan merasakan suatu sensasi dari sensor yang ada di jari kaku mereka.

Bisa diganti-ganti

Sensor yang digunakan MetaLimbs berupa perangkat keras atau hardware. Uniknya, perangkat ini juga dilengkapi dengan kaos kaki. Keunikan lain dari MetaLimbs adalah tangan robotik ini bisa diganti dengan hal lain, seperti kuas. MetaLimbs sebenarnya didesain untuk digunakan dalam posisi duduk. Tapi tangan robotik ini juga bisa melakukan beberapa hal dalam posisi berdiri.

MetaLimbs bisa digunakan untuk pekerjaan yang membutuhkan lebih dari dua tangan. Penggunanya bisa memegang satu benda dan tangannya. Benda kedua akan dipegang oleh MetaLimbs. Wah, punya tangan ekstra enak juga ya!