4 Alasan Sikat Gigi Harus Diganti

By Aisha Safira, Senin, 29 Mei 2017 | 04:48 WIB
Kalau sudah tidak layak pakai, sikat gigi harus diganti lo! Foto: 4ever.eu (Aisha Safira)

Sikat gigi harus diganti secara rutin lo. Kalau tidak, hal ini akan berpengaruh pada kesehatan gigi dan mulut. Apa sih alasan kita harus ganti sikat gigi?

Pilih sikat gigi

Sikat gigi harus dilakukan minimal dua kali sehari setiap hari. Lama kelamaan bulu sikat gigi akan berubah bentuk. Jika sudah terlalu lama digunakan, bulu sikat gigi akan menjadi mekar. Arahnya pun tidak lagi lurus lagi. Selain itu, bakteri dan kuman juga bisa tumbuh di dalam sikat gigi.

Tapi kadang ada orang yang tidak memperhatikan hal ini atau malas mengganti sikat giginya. Ia terus saja menggunakan sikat yang bulunya sudah mekar. Hal ini ternyata membawa dampak buruk pada kesehatan gigi dan mulut.

Ada empat hal yang menjadi alasan kita harus mengganti sikat gigi.

1. Gigi menjadi tidak bersih

Sikat gigi yang bulunya sudah mekar tidak akan membersihkan gigi secara maksimal. Bulunya tidak lagi bisa menjangkau semua sela gigi. Akibatnya, akan ada bakteri dan kuman yang tertinggal. Wah, kalau sudah begitu bakteri dan kuman dapat berkembang biak dan membuat gigimu rusak.

2. Kerusakan gigi dan gusi

Bulu sikat gigi yang sudah mekar juga dapat merusak gigi dan gusi lo. Bulu-bulu ini dapat mengikis email atau lapisan terluar gigi. Hal ini dapat mengakibatkan gigi kita menjadi sensitif. Selain itu, sikat gigi yang tak layak pakai juga bisa menimbulkan infeksi pada gusi.

3. Bakteri masuk ke dalam mulut

Sikat gigi yang disimpan di tepat lembab akan mendorong pertumbuhan bakteri. Lama kelamaan bakteri yang tumbuh akan semakin banyak. Masa kita menggunakan sikat gigi yang penuh bakteri? Sikat gigi ini harus segera diganti. Kalau tidak bakteri dari sikat gigi akan masuk ke dalam mulut kita. Padahal, tujuan menyikat gigi adalah agar bersih.

4. Menimbulkan bau mulut

Nah, bakteri yang tadi masuk ke dalam mulut akan mengganggu kesehatan mulut. Salah satunya adalah menimbulkan bau tidak sedap dari mulut kita. Hal ini akan terjadi jika di dalam mulut kita terdapat banyak bakteri.

Nah itulah tadi alasan mengapa kita harus mengganti sikat gigi. Sikat gigi biasanya diganti setiap tiga sampai empat bulan sekali. Kalau dalam dua bulan seudah harus diganti, berarti kamu menyikat gigi terlalu keras. Jangan ya karena hal ini juga tidak baik lo.