Cara Unik Merayakan Ulang Tahun di Seluruh Dunia

By Petronela Putri, Kamis, 4 Mei 2017 | 02:41 WIB
Perayaan ulang tahun (Foto: merakilane.com) (Petronela Putri)

Perayaan apa yang paling teman-teman sukai dari seluruh hari yang ada dalam setahun? Mungkin perayaan ulang tahun merupakan salah satu perayaan yang rutin dilaksanakan banyak orang. Nah, ternyata ada banyak jenis cara merayakan ulang tahun di seluruh dunia, lo!

Kado di hari ulang tahun

Hari ulang tahun merupakan peringatan hari kelahiran seseorang, yang biasanya dirayakan bersama teman atau keluarga besar. Nah, pada zaman sekarang kita merayakannya dengan cara memberikan kue atau kado kepada teman/keluarga yang berulang tahun. Tetapi sebenarnya ada banyak sekali budaya merayakan ulang tahun dari masa ke masa, dan berbeda-beda di seluruh dunia!

Menghancurkan kue di Amerika

Di Amerika, seorang anak yang berulang tahun akan diberikan sebuah kue (selain kue ulang tahunnya sendiri) untuk dihancurkan sampai berantakan, teman-teman! Wah, seru sekali ya, sepertinya? Hihi.

Tak hanya anak kecil, bahkan beberapa kali orang dewasa di Amerika pun merayakan ulang tahunnya dengan cara ini. Tradisi menghancurkan kue ini disebut smash cake.

Menarik telinga, tradisi masyarakat Hungaria

Lain dengan Amerika, di Hungaria biasanya seorang anak yang berulang tahun akan ditarik telinganya! Masyarakat Hungaria percaya, bahwa hal ini bisa mendatangkan berkat dan umur panjang bagi si anak. Tidak hanya satu, orang yang menarik telinga si anak juga bergiliran, lo! Jadi, tradisi ini juga dilakukan di kalangan keluarga.

Selain menarik telinga, biasanya juga ada lagu-lagu tertentu yang dinyanyikan. Lagu ini pun diharapkan dapat membawa kebahagiaan bagi yang berulang tahun.

Ulang tahun di Kanada

Di Kanada, seorang anak perempuan yang merayakan hari lahirnya akan diberikan mentega. Tetapi, mentega tersebut dioleskan di hidungnya, lo, teman-teman! Hal ini dilakukan untuk menjauhkan si anak dari segala keburukan dan nasib tak baik di kemudian hari.

Tradisi ulang tahun di Venezuela mirip dengan Indonesia

Di Venezuela, masyarakatnya merayakan ulang tahun dengan cara yang sama seperti kita, teman-teman. Mereka akan membuat kue dan membakar lilin sejumlah usia anak yang berulang tahun, kemudian meniup lilin tersebut. Sebelum meniup, biasanya anak yang berulang tahun akan membuat permohonan. Jika semua lilin padam tertiup, maka dipercaya bahwa permohonan akan terkabul.

Nah, bagaimana cara teman-teman merayakan hari ulang tahun?