Mengenal Kurma Ajwa Favorit Nabi Muhammad SAW

By Aisha Safira, Senin, 29 Mei 2017 | 07:10 WIB
Kurma ajwa disebut juga kurma Nabi. Foto: placeoforigin.in (Aisha Safira)

Ada sekitar 1.400 jenis kurma di dunia ini. Tetapi ada satu jenis yang kualitasnya paling baik, yaitu kurma ajwa. Kurma ini juga menjadi kesukaan Nabi Muhammad SAW lo!

Disebut juga kurma Nabi

Kurma ajwa berwarna hitam gelap. Ketika dimakan rasanya manis dan teksturnya halus. Kurma ajwa disebut juga kurma Nabi. Mengapa? Karena buah ini merupakan kurma kesukaan Nabi Muhammad SAW. Biasanya, kurma ajwa dapat ditemukan di Madinah, Arab Saudi.

Kurma ini pun dikenal sebagai kurma yang kualitas dan khasiatnya paling bagus. Bagaimana tidak. Kurma ajwa mengandung beberapa vitamin, yaitu A, B1, B, B12, C, dan K. Selain itu kurma ajwa juga mengandung serat, karbohidrat, kalsium, fosfor, protein, magnesium, seng, sodium, zat besi, dan potassium. Lengkap sekali bukan nutrisinya? Oleh karena itulah kurma ajwa mempunyai banyak manfaat bagi tubuh.

Manfaat kurma ajwa

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Kurma ajwa mengandung potassium atau kalium. Jika tubuh kekurangan potassium, sistem pencernaan dapat terganggu. Kamu bisa mengalami diare atau sembelit. Nha, kurma ajwa dapat membantu menghilangkan bakteri-bakteri jahat dalam pencernaan. Oleh karena itu, kurma ajwa baik untuk dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kesehatan pencernaan.

2. Menguatkan tulang

Kurma ajwa juga mengandung kalsium. Kandungan ini dapat melindungi tulang dari kerapuhan sehingga terhindari dari osteoporosis. Kalsium akan menjaga kepadatan tulang sehingga kuat dan sehat.

3. Memenuhi asupan nutrisi dan energi

Di atas sudah disebutkan apa saja kandungan dalam kurma ajwa. Semua kandungan tersebut membuat kurma ajwa sangat bernutrisi untuk tubuh. Kurma ini juga bisa menjadi sumber makanan yang bernergi bagi tubuh. Oleh karena itu, kurma ini baik dikonsumsi saat berbuka puasa dan sahur.

4. Membantu tumbuh kembang anak

Kurma ajwa juga baik dikonsumsi untuk anak-anak lo. Kurma ajwa dapat memberi nutrisi untuk perkembangan otak pada anak agar semakin cerdas. Wah, bermanfaat sekali bukan? Apakah kamu sudah mencoba mengkonsumsi kurma ajwa?