Buah Leci, Si Kecil yang Banyak Manfaatnya

By Petronela Putri, Jumat, 5 Mei 2017 | 06:45 WIB
Foto: fedinvestonline.info (Petronela Putri)

Teman-teman pernah minum teh leci? Biasanya ada satu buah leci yang akan ikut dihidangkan di dalam gelas. Tak hanya segar sebagai minuman, buah leci ini juga mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan.

Tumbuh di daerah tropis

Buah leci berukuran sedang, dengan kulit merah dan daging yang putih. Buah ini biasanya tumbuh di iklim tropis, sepert India, Nepal, Pakistan, Indonesia, Thailand, Meksiko, dan beberapa negara lainnya di Asia. Leci memiliki rasa yang manis dan menyegarkan, sehingga biasanya diolah menjadi minuman teh atau dijadikan buah pendamping yogurt.

Manfaat leci

Meski kecil, leci memiliki segudang manfaat, teman-teman. Buah leci ternyata bisa menyehatkan jantung, lo, teman-teman! Jika buah ini diolah menjadi jus dan dikonsumsi secara rutin, maka leci dapat menjaga denyut jantung tetap stabil. Selain itu, leci juga kaya magnesium dan fosfor yang dapat menjaga kesehatan tulang dan membuatnya menjadi lebih kuat.

Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Buah leci juga baik untuk kesehatan kulit, lo, teman-teman! Buah yang satu ini dapat mempercepat pemulihan jika ada bagian kulit yang rusak. Selain itu, leci juga mengandung vitamin C yang dapat memelihara rambut agar tetap sehat.

Nah, jika teman-teman pernah merasa sakit perut, buah leci juga bisa memperbaiki pencernaan. Biasanya perut terasa sakit salah satunya karena terdapat bakteri-bakteri jahat atau racun. Dengan mengonsumsi leci, pencernaan akan menjadi lebih baik. Dan tentu menghindarkan teman-teman dari serangan sakit perut.

Itulah beberapa manfaat leci. Si mungil ini bisa diolah menjadi banyak hal dan mempunyai rasa yang enak, sehingga tidak ada salahnya untuk rajin mengonsumsi leci, teman-teman.