Buah Ini Sering Berganti Nama, Buah Apa Itu?

By Petronela Putri, Jumat, 5 Mei 2017 | 22:00 WIB
Foto: tribunnews.com (Petronela Putri)

Buah apakah yang paling teman-teman sukai? Salah satu buah yang kaya manfaat adalah buah kiwi. Ternyata buah yang bagian dalamnya berwarna hijau ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh hingga menetralkan racun.

Berasal dari negeri Cina

Buah kiwi mulanya berasal dari negeri Cina dan kemudian menyebar ke Selandia baru, sebab Isabel Frasier yang merupakan guru misionaris dari negeri kangguru itu berkunjung ke Cina awal tahun 1900 dan menyukai buah kiwi. Ketika kembali ke negaranya, Isabel Frasier membawa pulang buah kiwi dan akhirnya ditanam di Selandia Baru.

Ajaibnya, buah kiwi tumbuh baik di tanah Selandia baru, dan penanamannya terus berlanjut hingga sekarang Selandia Baru menjadi penghasil buah kiwi terbesar.

Buah yang terus berganti nama

Ketika masih berada di negeri Cina, kiwi awalnya bernama persik monyet atau mihou tao. Setelah ditanam dan dikembangbiakkan di Selandia Baru, berganti nama menjadi melonette dan masih diubah menjadi Chinese gooseberry.

Perubahan terakhirnya adalah nama kiwi yang kita kenal hingga sekarang, teman-teman. Kiwi adalah salah satu jenis burung di Selandia Baru. Burung ini sangat terkenal bahkan dijadikan lambang negara. Uniknya, burung ini tidak bisa terbang!

Manfaat buah kiwi

Hal yang paling sederhana dari buah kiwi adalah vitamin yang terkandung di dalamnya. Buah ini memiliki vitamin C yang dapat menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh kita. Selain itu, buah kiwi juga menetralkan racun-racun dalam tubuh, serta memperlancar pencernaan seseorang, lo!

Selain itu, kiwi termasuk salah satu buah yang paling aman untuk dimakan. Biasanya kiwi dicampurkan di atas yogurt bersama-sama dengan beberapa buah lain seperti strawberry dan leci.