Singa Barong, Kereta Kencana Tercantik di Dunia Ada di Cirebon

By Petronela Putri, Jumat, 5 Mei 2017 | 07:07 WIB
Kereta singa barong (Foto: Petronela Putri | bobo.id) (Petronela Putri)

Jika membaca dongeng-dongeng, tentu teman-teman sering melihat atau mendengar tentang kereta kencana milik kerajaan atau para putri raja. Nah, kereta kencana di Keraton Cirebon ini bernama Singa Barong.

Kereta Singa Barong

Kereta kencana milik Keraton Kasepuhan ini bernama kereta singa barong. Kereta Singa Barong dibuat pada abad ke-15 oleh cucu dari Sunan Gunung Jati sebagai tanda persahabatan. Yap, Keraton Cirebon terutama Keraton Kasepuhan memiliki hubungan baik dengan bangsa-bangsa lain, di antaranya India, negeri Cina dan Mesir.

Kereta Singa Barong dibuat sebagai salah satu simbol yang mengakrabkan keempatnya. Singa Barong menjadi bukti percampuran budaya lokal dan manca negara. Kini, kereta tersebut berada di Museum Singa Barong yang lokasinya tepat di dalam Keraton Kasepuhan, Cirebon, Jawa Barat.

Lambang persahabatan

Kereta cantik ini memiliki bentuk yang unik, teman-teman. Ada kepala naga dengan belalai gajah, dan sebuah sayap pada badan naga tersebut, sementara ketika keluarga kerajaan menaikinya, konon kereta Singa Barong harus ditarik oleh 4 ekor kerbau putih.

Kepala naga merupakan lambang negeri Cina, belalai gajah merupakan perlambang bangsa Hindu di India, sebab sebelum masuknya Islam ke tanah Jawa, tanah Cirebon dikuasai oleh penganut agama Hindu, sedangan sayap dan badan buroq merupakan perlambang negara Mesir.

Pada bagian belalai naga, terdapat sebuah trisula. Trisula ini melambangkan rasa, cipta, serta karsa manusia! Selain itu, terdapat lapisan serbuk emas dan intan pada tubuh kereta sehingga menjadikannya lebih indah ketika dipandang.

Roda yang bisa berputar 90 derajat

Konon, Kereta Singa Barong memiliki keunikan lain. Selain kecantikannya, kereta ini memiliki roda yang tak kalah hebat, lo! Rodanya bisa berputar 90 derajat sehingga lebih gampang untuk berbelok ke mana-mana.

Ditetapkan sebagai salah kereta kencana paling cantik di dunia

UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) sebagai organisasi pendidikan dan kebudayaan dari PBB telah menetapkan kereta Singa Barong sebagai salah satu kereta kencana paling cantik dan unik di dunia, lo, teman-teman!

Nah, jika teman-teman sedang berada di Cirebon, jangan lupa ya untuk mampir dan melihat langsung kereta kencana ini.