Muffin, Dulu Digunakan Sebagai Teman Minum Teh

By Petronela Putri, Senin, 8 Mei 2017 | 07:55 WIB
Kue muffin (Foto: delish.com) (Petronela Putri)

Muffin merupakan salah satu jenis kue yang paling sering dijumpai di toko kue. Dulunya kue inilah yang digunakan untuk teman minum teh. Tetapi dari mana ya sebenarnya asal-usul muffin?

Apa itu muffin?

Kue berbentuk mangkok ini merupakan salah satu kue tradisional. Bentuknya bundar, berbahan dasar adonan roti. Dulunya, orang punya cara unik dalam menikmati sepotong muffin! Kue muffin akan dibelah, kemudian dioleskan mentega, atau selai rasa buah, dan dipanggang. Hal ini dimaksudkan agar rasanya lebih beragam.

Muffin paling cocok dinikmati selagi hangat. Rata-rata orang Perancis atau Inggris menikmatinya ketika musim dingin, sebab muffin kerap dijadikan pasangan dari minuman hangat.

Berasal dari awal abad ke-18 dan menjadi teman minum teh pada abad 19

Meski sekarang muffin terkenal di Inggris, tetapi sebenarnya muffin berasal dari Perancis. Nama awalnya adalah ‘moufflet’ yang berarti lembut. Muffin muncul pada abad ke-18 dengan tekstur yang lebih berbeda dari roti pada umumnya. Muffin lebih lembut dan lunak daripada roti biasa.

Nah, satu abad kemudian yaitu abad 19, muffin jadi terkenal di Inggris. Masyarakat Inggris menghidangkan muffin dalam tradisi minum teh atau yang banyak dikenal sebagai afternoon tea. Dalam acara ini, orang Inggris akan menyeruput teh panas, dan muffin merupakan salah satu kue yang digemari sebagai teman minum.

Karena alasan itulah kemudian muffin dikenal juga dengan nama tea cakes. Bahkan ketika itu, muffin juga pernah menjadi jajanan pinggir jalan, lo! Penjual muffin kemudian berkeliling menjajakan kuenya kepada para pembeli, teman-teman.

Hingga kini, di Inggris sangat banyak toko kue yang menyediakan pilihan muffin lezat. Nah, kue ini bisa jadi salah satu panganan yang wajib dicoba ketika mampir ke Inggris!