Mars 2020, Mobil Batman Luar Angkasa NASA

By Aisha Safira, Jumat, 7 Juli 2017 | 05:00 WIB
Mars 2020 (Aisha Safira)

NASA membuat sebuah mobil yang mirip dengan mobil Batman. Mobil ini akan digunakan untuk menjelajahi Planet Mars. Mobil Batman luar angkasa ini diberi nama Mars 2020.

Planet Mars masih memiliki banyak misteri yang harus diteliti. Oleh karena itu, para astronomer NASA telah mempersiapkan berbagai sarana untuk menjelajahi Mars lebih dalam. Nah, salah satunya adalah mobil Batman luar angkasa yang diberi nama Mars 2020. Mobil ini telah dipamerkan di The Kennedy Space Center Visitor Complex dalam sebuah program bernama "Summer of Mars". Pameran ini digelar pada 5 Juni 2017 lalu.

Mirip mobil Batman

Mars 2020 mempunyai panjang 28 kaki atau sekitar 8,5 meter. Mobil ini dioperasikan dengan sebuah mesin elektrik. Mesin itu menggunakan panel surya dan baterai. Mars 2020 didesain dengan bantuan pakar NASA. Kalau dilihat-lihat, Mars 2020 mirip dengan mobil Batman, ya. Bedanya, Mars 2020 warnanya lebih mengkilap.

Tujuan utama dibuatnya Mars 2020 adalah untuk meneliti Planet Merah. Mobil ini bertugas untuk mencari tanda-tanda kehidupan Mars di masa lalu. Selain itu, Mars 2020 juga bertugas melakukan pengeboran dan mengumpulkan benda-benda dari Mars. Hal ini akan menentukan apakah di masa depan manusia dapat menghuni Mars.

Punya dua bagian

Bagian depan dan belakang Mars 2020 terpisah menjadi dua dengan fungsi yang berbeda. Bagian depan mobil ini berfungsi untuk memandu jalannya mobil. Bagian ini dilengkapi dengan radio dan Global Positioning System (GPS). Sedangkan bagian belakangnya berfungsi sebagai laboratorium berjalan untuk melakukan berbagai penelitian.

Sesuai dengan namanya, mobil ini rencananya akan beroperasi di Mars pada 2020. Mobil yang nantinya dikirim ke Mars tidak akan sama seperti ini. Tapi hanya beberapa bagian Mars 2020 yang akan digunakan untuk menjelajahi Mars. Apakah akan ditemukan tanda-tanda kehidupan di Mars?