Chipmunk, Hewan Pengerat yang Hibernasi di Musim Dingin

By Petronela Putri, Sabtu, 29 April 2017 | 00:00 WIB
(Foto: digaleri.com) (Petronela Putri)

Ada berbagai macam hewat pengerat di dunia. Selain hamster, salah satu hewan pengerat yang tak kalah lucu adalah tupai. Hewan ini juga unik, lo. Selain otaknya lebih besar dari manusia, mereka pun berhibernasi di musim dingin!

Chipmunk si pengerat lucu menggemaskan

Apa teman-teman pernah menonton Alvin and The Chipmunks? Tupai-tupai lucu yang jago bernyanyi ini benar-benar ada dalam kehidupan nyata dan memiliki cukup banyak keunikan, lo. Mereka termasuk ke dalam golongan mamalia berukuran kecil dan dulunya dikenal sebagai pemakan serangga.

Tubuh tupai biasanya berukuran sekitar 15 sentimeter, tetapi ekornya lebih panjang dan mencapai 18 sentimeter. Hihi.

Di mana tupai tinggal?

Tupai banyak yang tinggal di darat dan biasa ditemukan di daerah tropis, teman-teman. Si tupai lucu ini senang tinggal di atas pohon, terutama dalam lubang pohon tersebut. Biasanya, jika mereka menemukan pohon tanpa lubang, maka mereka akan melubanginya sendiri atau memilih meneduh di antara daun-daunan sekitar pohon.

Mereka senang bersarang di sana sebab tupai pandai sekali memanjat. Tupai biasa menghabiskan banyak waktu di atas pohon baik untuk makan buah, sekadar beristirahat, maupun berlindung dari cuaca ekstrem. Pada musim dingin, biasanya tupai akan hibernasi di sarangnya.  

Di luar negeri, tupai dapat ditemukan di Amerika dan beberapa wilayah Eropa. Sedangkan di Indonesia biasanya ada di hutan Kalimantan.

Otak tupai lebih besar dari otak manusia

Hal lain yang tak kalah unik dari seekor tupai adalah ukuran otaknya yang besar. Bahkan ukuran otak tupai lebih besar daripada ukuran otak manusia, lo! Di samping itu, mereka juga memiliki kejelian mata, serta bisa terjun bebas  dari ketinggian nyaris 10 meter namun tetap mendarat dengan mulus di tanah. Wah, hebat sekali ya, teman-teman!