Katak Transparan Ini Bisa Terlihat Jantungnya Lo!

By Aisha Safira, Selasa, 30 Mei 2017 | 07:51 WIB
Wah, jantungnya yag berwarna merah bisa terlihat lo! Foto: Jaime Culebras (Aisha Safira)

Para peneliti menemukan katak transparan di Amerika Selatan. Uniknya, karena transparan bahkan jantungnya bisa terlihat lo. Tapi sayang katak ini dalam bahaya.

Ditemukan di Ekuador

Para peneliti menemukan spesies dari katak kaca. Katak ini ditemukan di dataran rendah amazonian, Ekuador, Amerika Selatan. Para peneliti mengkategorikan katak ini ke dalam genus Hyalinobatrachium. Genus ini dikenal karena sifatnya yang tidak biasa. Semua spesies dalam genus ini memiliki peritoneum ventral yang benar-benar transparan sehingga organ tubuhnya terlihat jelas. Peritoneum adalah membran berkilau yang melapisi organ perut.

Keunikan Hyalinobatrachium yaku

Walaupun termasuk dalam genus Hyalinobatrachium, katak bernama Hyalinobatrachium yaku ini mempunyai keunikan tersendiri. Katak ini menonjol karena bintik-bintik berwarna hijau tua yang ada pada tubuhnya. Selain itu, jantungnya berwarna merah terang. Hal ini bisa terlihat langsung dari bagian perutnya yang transparan.

Hyalinobatrachium yaku juga mempunyai cara berkembang biak yang berbeda. Katak yang jantan akan menarik yang betina dari bawah daun. Katak jantan jugalah yang akan merawat telur-telur hingga menetas.

Terancam dalam bahaya

Sayangnya, katak Hyalinobatrachium yaku diyakini dalam bahaya. Mengapa? Karena habitatnya terancam hilang. Hal ini disebabkan oleh aktivitas manusia, yaitu pembuatan jalan dan ekstraksi minyak. Aktivitas ekstraksi minyak ini juga dikhawatirkan dapat mencemari air di hutan tersebut.

Pembangunan untuk aktivitas ekstrasi minyak dapat membuat batas antara populasi satu dengan yang lain. Hal ini membuat mereka sulit untuk berkomunikasi. Menurut para peneliti, walaupun lembah amazon ini terkenal dengan keberagaman hayati juga budayanya, tapi ancaman bagi konservasi ini masih tetap ada.

Sekali lagi, habitat menjadi masalah bagi populasi fauna. Jika habitat mereka hilang maka mereka tidak punya tempat tinggal. Akibatnya, populasi mereka bisa menjadi semakin ternacam dan akhirnya punah. Jika melihat ada habitat fauna, dijaga ya!