Selain Makanan, 6 Barang Ini Juga Bisa Kadaluarsa!

By Aisha Safira, Senin, 10 Juli 2017 | 07:00 WIB
Bantal (Aisha Safira)

Ternyata, tidak hanya makanan dan minuman saja yang bisa kadaluarsa. Ada 6 barang yang juga punya masa kadaluarsa. Apa saja sih barang-barang itu?

1. Sikat Gigi

Sikat gigi memang harus diganti setiap tiga bulan sekali. Apalagi kalau bulu sikatnya sudah mekar. Kalau sudah begitu, sikat gigi itu tidak akan bisa membersihkan gigi dengan baik. Sikat gigi pun dapat dipenuhi kuman juga bakteri. Dan, satu lagi! Setelah kita sakit flu, kita harus mengganti sikat gigi agar tidak terkena penyakit lagi.

2. Handuk

Kita memakai handuk setiap hari untuk mengeringkan badan setelah mandi. Oleh karena itu, handuk menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Bahkan dengan mencuci handuk saja, kita tidak bisa membasmi bakteri pada handuk. Jadi, handuk harus diganti setiap satu sampai tiga tahun sekali. Handuk juga harus dicuci seminggu sekali agar kulit kita tidak terinfeksi bakteri.

3. Bantal

Bantal juga bisa kadaluarsa, lo. Masa kadaluarsa bantal adalah dua sampai tiga tahun setelah kita mulai memakainya. Setelah itu bantal harus diganti. Kalau tidak diganti, bantal akan menjadi sarang debu. Setelah tiga tahun digunakan, bantal juga bisa berubah bentuk dan menyebabkan sakit pada leher.

4. Sisir

Sisir juga harus diganti setelah satu tahun digunakan. Sebab, bakteri yang ada di rambut kita dapat berpindah ke sisir. Sisir juga menjadi tempat menumpuknya sel kulit kepala yang sudah mati dan berbagai jenis perawatan rambut. Jika sisir tidak diganti, rambut kita bisa menjadi berketombe. Jika sisir sudah menyebabkan sakit saat digunakan, harus segera diganti, ya. Jangan lupa juga membersihkan sisir dengan air hangat seminggu sekali.

5. Sepatu

Jika kamu punya sepatu lari, gantilah setelah setahun menggunakannya. Ketika sepatu sudah digunakan berlari sejauh 400-480 km, ia akan kehilangan kekuatan penahan kakinya. Jika terus digunakan, sepatu akan menyebabkan kaki kita sakit dan kram.

6. Sandal

Sandal adalah tempat tumbuhnya jamur. Oleh sebab itu, sandal harus diganti enam bulan sekali. Sandal juga harus sering dicuci agar tidak tumbuh jamur.