Sugar Glider, Kangguru Mini yang Bisa Dipelihara

By Petronela Putri, Minggu, 30 April 2017 | 22:21 WIB
Sugar glider (Foto: dailymail.co.uk) (Petronela Putri)

Hewan bernama sugar glider ini dikenal juga sebagai kangguru mini sebab menyimpan anaknya di dalam kantung. Asyiknya, sugar glider bisa dipelihara dan jinak.

Hewan saku

Banyak orang tertarik menjadikan sugar glider sebagai hewan peliharaan, sebab kecil dan gampang dibawa ke mana-mana. Ia dikenal sebagai hewan saku yang memiliki penampilan serupa tupai, namun ternyata memiliki kantung untuk menyimpan anak seperti seekor kangguru.

Eits! Tetapi jangan hanya memelihara satu ekor saja, teman-teman! Sebab sugar glider bisa kesepian, lo. Sugar glider merupakan jenis hewan sosial yang lebih suka hidup bersama-sama dengan teman sejenisnya. Di samping itu, mereka biasanya saling merawat satu sama lain.

Ciri fisik sugar glider

Seekor sugar glider umumnya memiliki ukuran badan 170 milimeter dengan berat 100 hingga 140 gram saja, teman-teman! Meski begitu, ternyata binatang mini ini cukup kuat, lo. Sebab mereka bisa bertahan hidup di dunia luar selama 12 tahun. Jika diternakkan, maka sugar glider memiliki kemungkinan untuk hidup lebih lama dari itu.

Sugar glider lucu ini termasuk jenis nocturnal atau hidup di malam hari. Mata lebar dan indra pendengarannya berfungsi dengan baik di kegelapan. Selain itu, ada 5 jari dengan cakar mini pada bagian kaki sugar glider.

Makanan sugar glider

Hewan ini mengonsumsi makanan yang berbeda-beda tergantung musim. Misalnya ketika musim dingin, sugar glider menyukai getah pepohonan, sedangkan ketika musim panas makanannya adalah serangga. Tetapi tak hanya dua hal itu saja, teman-teman. Sebab jika ada pilihan makanan lain seperti jamur, buah, atau biji-bijian, sugar glider juga menyukainya, lo!

Nah, meski sugar glider kadang juga mengonsumsi makanan manis, namun sebaiknya jangan memberinya terlalu banyak makanan yang terasa manis. Sebab hal ini bisa berakibat buruk bagi kesehatan si sugar glider. Dan meski bertubuh mini, tetapi sugar glider ternyata bisa meluncur dari ketinggian 50 meter!