Kenalan dengan Int-Ball, si Robot Imut di ISS, Yuk!

By Aisha Safira, Kamis, 20 Juli 2017 | 03:29 WIB
Int-Ball (Aisha Safira)

Di Stasiun Antariksa Internasional (ISS) ada penghuni baru, lo. Ia adalah sebuah drone yang diberi nama JEM Internal Ball Camera atau Int-Ball. Apa, sih, tugas Int-Ball di luar angkasa?

Robot Imut Pembantu Astronaut

Pada 4 Juni 2017, JEM Internal Ball Camera atau Int-Ball dikirim ke ISS menggunakan SpaceX Falcon 9. Int-Ball sebenarnya adalah drone atau pesawat tanpa awak  berbentuk bulat yang memiliki kamera. Int-Ball dikirim untuk memudahkan pekerjaan astronaut. Robot imut ini dapat memotret dan merekam berbagai kegiatan astronaut di ISS.

Biasanya, para astronaut harus memegang kamera dengan satu tangan untuk memotret pekerjaan atau peralatan yang membutuhkan evaluasi. Memotret atau merekam video di tempat dengan gravitasi nol bukanlah hal yang mudah. Hal ini menghabiskan 10% dari waktu bekerja para astronaut. Dengan bantuan Int-Ball, para astronaut dapat bekerja dengan lebih efisien.

Cara Kerja Int-Ball

Int-Ball memiliki diameter sekitar 15 cm. Di dalamnya, Int-Ball memiliki 12 kipas yang dapat menyesuaikan posisinya dalam gravitasi nol. Int-Ball mempunyai actuator, sensor perputaran dan percepatan, juga rem elektromagnetik. Jadi, robot yang ukurannya sebesar grapefruit ini mengontrol gerakannya di luar angkasa.

Robot seberat satu kilogram ini, mempunyai kamera yang dapat memotret atau merekam video. Letak kameranya ada di antara kedua mata Int-Ball. Kamera itu dapat bergerak dengan remote control yang dikendalikan oleh Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) Tsukuba Space Center.

Cepat dan Praktis

Foto dan video yang diambil oleh Int-Ball dapat langsung dilihat oleh para pengendali penerbangan dan peneliti di Bumi. Setelah foto atau video tersebut dianalisis, hasilnya akan langsung dikirim ke para astronaut di ISS. Wah, cepat ya prosesnya! Pasti para astronaut menjadi sangat terbantu dengan adanya robot imut ini.