Mengapa Kaki Bisa Bau?

By Aisha Safira, Rabu, 2 Agustus 2017 | 08:05 WIB
Kaki (Aisha Safira)

Pernahkah Teman-teman mencium bau tidak sedap dari kakimu atau orang lain? Ternyata kaki juga bisa mengeluarkan bau yang tidak sedap, lo. Mengapa hal ini bisa terjadi, ya?

Tidak Pernah Mencuci Sepatu

Sepatu yang kotor akan menjadi tempat kuman dan bakteri untuk berkembang biak. Hal ini juga akan menimbulkan bau tidak sedap pada kaki kita. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membersihkan sepatu secara rutin. Dengan begitu, sepatu kita tidak akan menjadi sarang bakteri dan kaki kita tetap wangi.

Menggunakan Sepatu yang Terlalu Sempit

Selain tidak nyaman, sepatu yang terlalu kecil juga menyebabkan kaki berbau tidak sedap. Sebabnya, tidak ada udara yang bisa keluar atau masuk  dari sepatu. Jadi, pilihlah sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki kita. Pilih juga sepatu yang mempunyai luang-lubang kecil agar udara bisa masuk dan keluar.

Mengenakan Kaos Kaki yang Basah

Menggunakan kaos kaki yang basah dapat menjadi kaki kita keriput. Hal ini juga bisa membuat jamur dan bakteri menempel pada kaki. Jamur dan baktei tersebut akan menimbulkan bau tidak sedap pada kaki kita. Jika kaos kakimu sudah basah, gantilah dengan yang kering. Gunakan juga kaos kaki yang mudah menyerap keringat.

Kuku Panjang

Tahukah Teman-teman, kalau kuku yang panjang bisa menjadi sarang bakteri? Kuku panjang yang kotor ini dapat menimbulkan penyakit. Selain itu, kuku panjang juga bisa menimbulkan bau tidak sedap pada kaki. Jadi, jangan lupa untuk rutin memotong kuku, ya. Jangan sampai kukumu tumbuh terlalu panjang.

Nah, sudah tahu kan penyebab kaki berbau tidak sedap? Jika ingin mencegahnya, hal yang paling penting dilakukan adalah menjaga kebersihan kaki. Tapi, jangan cuma menjaga kebersihan kaki saja. Kebersihan anggota tubuh lain juga harus dijaga.