Ingin Berkomunikasi Dengan Gajah? Ada Bahasanya, Lo!

By Aisha Safira, Jumat, 18 Agustus 2017 | 04:20 WIB
Bagaimana cara gajah berkomunikasi? Ketahui lewat Hello in Elephant. (Aisha Safira)

Berkomunikasi dengan sesama manusia itu mudah. Tapi, bagaimana kalau berkomunikasi dengan gajah? Jangan khawatir. Sekarang sudah ada bahasa gajah, lo!

Bahasa Gajah

Sama seperti manusia, hewan juga bisa berkomunikasi. Hanya saja, bahasa dan caranya berbeda dengan kita. Oleh karena itu, sulit mengerti apa yang dikomunikasikan oleh para hewan. Gajah juga bisa berkomunikasi satu sama lain. Gajah juga sudah bisa, lo, berkomunikasi dengan manusia. Caranya adalah dengan menggunakan “bahasa gajah”.

Sebuah situs bernama Hello in Elephant bisa menerjemahkan bahasa manusia ke dalam panggilan gajah. Situs ini dikembangkan oleh David Sheldrick Wildlife Trust dan ElephantVoices. Melalui situs ini, pengguna dapat memasukan frasa dalam bentuk teks, suara, atau emoji. Lalu frasa tersebut akan diterjemahkan dan muncul dalam bentuk video gajah yang sedang mengkomunikasikan hal tersebut.

Terancam Kepunahan

Situs ini diluncurkan bertepatan dengan Hari Gajah Dunia pada 12 Agustus lalu. Hello in Elephant diharapkan dapat meningkatkan kesadaran bahwa gajah sedang dalam bahaya. Mengapa? Jawabannya adalah karena gajah berada dalam bahaya kepunahan. Sebabnya, gajah terus diburu oleh manusia dan kehilangan habitatnya.

Salah satu ahli konservasi gajah dan pendiri ElephantVoices berpendapat bahwa semakin banyak populasi manusia, kematian gajah juga semakin meningkat. Walaupun saat diamati populasi gajah sudah mulai meningkat, hal ini tetap menjadi masalah.

Joyce Poole telah mengamati perilaku dan cara gajah berkomunikasi selama kurang lebih 40 tahun. Saat ini, cara berkomunikasi tersebut belum bisa disebut sebagai bahasa. Tapi Joyce berharap suatu saat ini akan ada bahasa gajah yang sebenarnya. Ia mengatakan bahwa gajah adalah hewan yang memesona dan masih banyak yang harus dipelajari dari mereka. Apakah kamu menyukai gajah juga?