Inilah 4 Bahasa Termuda di Dunia

By Aisha Safira, Rabu, 30 Agustus 2017 | 05:30 WIB
Salah satu bahasa termuda di dunia bernama Gooniyandi. (Aisha Safira)

Bahasa adalah unsur yang penting dari kehidupan. Tanpa bahasa, manusia akan sulit untuk berkomunikasi. Beberapa bahasa sudah ada sejak dahulu kala. Berikut ini ada empat bahasa yang usianya masih muda, lo!

1. Gooniyandi

Gooniyandi adalah bahasa yang digunakan oleh Suku Aborigin di Australia. Bahasa ini pertama kali ditetapkan pada 1982. Saat itu, tata bahasa Gooniyandi ditulis oleh Ewan McGregor. Lalu pada 1984, penutur bahasa ini membuat alfabetnya. Saat ini, diperkirakan yang menggunakan Bahasa Gooniyandi hanya 100 orang. Hanya beberapa anak saja yang belajar untuk menggunakan bahasa ini.

2. Lingala

Kalau Lingala adalah bahasa yang digunakan di Kongo dan Angola. Bahasa Lingala muncul pada akhir abad ke-19. Para penguasa Belgia memaksa peduduk setempat untuk menyerdehanakan bahasa mereka. Lalu, jadilah bahasa Lingala yang dipengaruhi oleh bahasa Belanda, Inggris, Perancis, dan Portugis. Bahasa ini digunakan untuk komunikasi antara tentara dengan penduduk setempat.

3. Light Warlpiri

Bahasa ini berasal dari Bahasa Warlpiri. Warlpiri adalah penduduk asli Gurun Tanami yang terletak di sebelah utara Australia. Bahasa Warlpiri hanya digunakan oleh sekitar 4.000 orang dan dianggap sudah hampir punah. Oleh karena itulah muncul bahasa baru, yaitu Light Warlpiri. Light Warlpiri adalah gabungan dari bahasa Warlpiri, Inggris, dan Kriol. Bahasa ini muncul pada 1970-an dan mulai digunakan pada 1980-an.

4. Afrikaans

Afrikaans adalah perpaduan dari berbagai bahasa, yaitu Belanda, Jerman, Khoisan, Bantu, Melayu, Perancis, Inggris, dan Portugis. Bahasa Afrikaans juga digunakan di Namibia, Zimbabwe, dan Bostwana. Percampuran bahasa ini mulai diakui dan digunakan pada 1925. Bahasa campuran seperti ini diperkirakan ada tujuh juta  dan semuanya disebut Afrikaans.

Nah, kalau teman-teman, bahasa apa saja yang sudah dikuasai?