Ternyata Seperti Ini Tampak Nenek Moyang Bunga

By Aisha Safira, Jumat, 11 Agustus 2017 | 04:44 WIB
Seperti apa sih nenek moyang bunga? (Aisha Safira)

Berbagai jenis bunga yang ada saat ini ternyata berasal dari satu jenis bunga. Seperti apa, sih, tampak nenek moyang bunga ini? Yuk, kita lihat bersama-sama!

Nenek Moyang Bunga

Sekelompok peneliti dari Universite Paris-Sud berhasil mengetahui rupa nenek moyang dari bunga-bunga yang ada saat ini. Berdasarkan penelitian yang mereka lakukan, diketahui bahwa bunga tersebut kira-kira berusia 140 juta tahun. Bentuk bunga ini mirip dengan teratai. Para ilmuwan pun telah membuat ilustrasi nenek moyang bunga tersebut.

Nenek moyang bunga ini juga diketahui bersifat hermafrodit atau berkelamin ganda. Jadi, putik dan benang sarinya terdapat dalam satu bunga. Bunga ini juga mempunyai kelopak bertingkat. Masing-masing tingkat biasanya terdiri dari tiga kelopak. Menurut para peneliti, bunga ini menjadi nenek moyang dari 300 ribu spesies bunga yang kita ketahui saat ini.

Tiga Petunjuk Nenek Moyang Bunga

Untuk bisa mengetahui bentuk nenek moyang bunga ini, para peneliti harus melalui tiga tahap. Pertama, mereka meneliti 136 catatan fosil dan berusaha mengenali kerabat terdekatnya dengan tanaman berbunga. Kedua, mereka juga mempelajari studi genetik tentang struktur reproduksi tanaman berbunga yang masih hidup. Data tersebut terdiri dari 792 spesies tanaman berbunga dari 372 famili.

Informasi tersebut lalu mereka gunakan untuk memperkirakan seperti apa struktur dan bentuk nenek moyang bunga ini. Mereka memperkirakannya dengan melihat sifat-sifat bunga juga tahap evolusi mereka. Dengan begitu, para peneliti dapat menemukan petunjuk-petunjuk penting tentang nenek moyang bunga.

Penemuan ini sangat membantu para peneliti. Sebelumnya, mereka kesulitan mengetahui evolusi atau perkembangan bunga dari zaman dahulu. Walaupun belum ditemukan fosilnya, hasil penelitian ini telah memberikan petunjuk bagi para peneliti. Wah, semoga fosilnya cepat ditemukan, ya.