Hiii… Ada Serangga Sepanjang Lengan Manusia!

By Aisha Safira, Senin, 14 Agustus 2017 | 07:30 WIB
Wah, serangganya panjang sekali ya! (Aisha Safira)

Di Tiongkok, ada serangga yang panjangnya seperti lengan manusia, lo. Serangga ini dinobatkan sebagai serangga terpanjang dan terbesar di dunia. Seperti apa, sih, serangganya?

Sebuah museum di Tiongkok mempunyai koleksi serangga terpanjang dan terbesar di dunia. Serangga yang termasuk belalang tongkat ini mempunyai panjang 25 inci atau 64 cm. Serangga ini telah memecahkan rekor yang dibuat oleh induknya sendiri. Induknya mempunyai panjang 24,6 inci atau 62,4 cm. Panjang serangga ini hampir sama seperti lengan orang dewasa.

Mengenal Belalang Tongkat Terpanjang

Belalang tongkat ini pertama kali ditemukan oleh seorang ahli ilmu serangga asal Tiongkok bernama Zhao Li pada 2014. Mr. Zhao juga adalah curator di Insect Museum of West China. Saat itu, Mr. Zhao sedang menjelajahi sebuah hutan di Provinsi Guangxi. Ia menemukan serangga ini dan menamainya Phryganistria chinensis Zhao. Nama ini dapat diartikan menjadi Chinese gigantic stick atau tongkat raksasa China.

Phryganistria chinensis Zhao memang serangga asli Tiongkok. Serangga ini biasanya tinggal di penggunungan pada ketinggian 1.000-1.400 meter di Provinsi Guangxi. Serangga ini berkembang biak dengan cara bertelur. Dibutuhkan waktu enam bulan untuk menetaskan telur-terlut tersebut. Enam sampai Sembilan bulan kemudian, larva akan tumbuh menjadi serangga dewasa.

Pada Mei 2016 lalu, belalang tongkat yang ditemukan Mr. Zhao dinobatkan sebagai serangga terpanjang di dunia. Serangga ini lalu bertelur sebanyak enam butir dan menetas pada Desember 2016. Salah satu dari anak serangga inilah yang menjadi serangga terpanjang dan terbesar di dunia.

Menyukai Makanan Manis

Oleh karena ukurannya, serangga ini disimpan dalam kandang yang tingginya lebih dari satu meter. Satu kandang bisa memuat tiga belalang tongkat. Lucunya, ternyata serangga ini menyukai makanan yang manis. Menurut Mr. Zao, makanan kesukannya adalah selai stroberi. Serangga ini bisa menolak makanan lain hanya untuk selai stroberi, lo!